Reportase Kursus: Beda Lho, Croissant, Danish dan Puff Pastry

“Bu Faaat, apakah puff pastry itu yang dipakai untuk membuat Pisang Molen?”, ini adalah pertanyaan yang paling sering datang kepada saya. “iyaaa, betul banget!”. Gunakan puff pastry untuk mebuat pisang molen, dan model molen lainya. Untuk topping Zuppa Soup, untuk beragam jenis pastry dengan beragam isian pastry fat sangat cocok.

pastry-41Lalu bagaimana cara membuatnya? Begini caranya:

  1. Buat adonan sesuai resep.
  2. Letakkan Blue Band pastry fat ditengahnya, lalu lipat dan gilas. Lipat lagi kemudian istirahatkan selama 5 menit, lipat lagi, gilas lagi, begitu sampai tiga step. Boleh pakai lipatan single atau double.
  3. Kemudian gilas dan tipiskan hingga kurang lebih ketebalan 5mm. Lanjutkan dengan proses membentuk dan mengisi.
  4. Poles bagian atasnya dengan kuning telur, panggang dalam oven selama 20 menit pada suhu 180’C.

Hwaduuuhhhh, kayaknya belum paham bu membaca tulisan saja!

Demikianlah. Maka belajar dengan melihat langsung dan megerjakanya menjadi sangat penting.

Kursus NCC Pastry Making Class menjawab kebutuhan belajar membuat pastry. Materi yang diajarkan sangat lengkap. Termasuk croissant dan danish pastry selain puff pastry.

Seru sekali jalannya kelas. Persis seperti sedang berkompetisi. Setiap kelompok bertanggung jawab atas hasil jadi adonannya.

Sekarang jadi tahu dengan jelas apa bedanya adonan croissant, danish dan puff pastry, bukan?!. Jika croissant menggunakan ragi, danish lebih lengkap lagi. Digunakan ragi, telur dan susu. Sedangkan pada puff tidak digunakan ragi tapi tetap menggunakan telur. Sehingga masing-masing adonan menghasilkan tekstur dan rasa yang berbeda. Dari semuanya, paling aman disimpan dalam jangka waktu lama adalah puff pastry karena tidak ada kandungan raginya.

Dan hari itupun tersaji cantik-cantik croissant alias roti tanduk. Fruit Danish beragam model. Rhum Horn dengan vla tanpa alkohol. Sosis puff, Almond danish dan tentu saja Zuppa soup dengan isian sup krim yang enak sekali. Sudah pasti hasilnya sempurna, mengembang dan renyah lembut karena digunakan Blue Band Pastry Fat.

Sudah bisa diramal pertanyaan selanjutnya adalah, dimanakah bisa dibeli Blue band Pastry Fat ini?. Belanjalah di Lotte whole sale, atau di Toko Bahan Kue terdekat dengan anda. Pasti ada deh. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

Kuis :

  1. Sebutkan perbedaan yang pasti antara Puff pastry dengan Croissant & Danish pastry
  2. Dimanakah bisa didapat Blue Band pastry fat?

Mau hadiahnya? Yuk ikutan kuisnya!

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

Leave a Comment