Reportase Kursus: Pastry berlapis-lapis yang membanggakan

Croissant, adalah jenis pastry berlapis-lapis yang paling banyak disuka orang.Tapi tahukah anda bahwa pastry yang berlapis-lapis tidak hanya croissant?. Pada keluarga pastry yang berlapis-lapis selain croissant, ada Danish Pastry dan Puff Pastry. Apa sih perbedaan dari masing-masing pastry tersebut? Semua ini dibahas tuntas pada kursus Aneka Pastry di Natural Cooking Club (NCC).

Setelah dijelaskan secara rinci mengenai perbedaan bahan dan tekstur secara teori dan juga pada resep. Kelas kemudian berlanjut dengan praktek menipiskan pastry fat. Teknik menipiskan pastry fat ini sangat penting dikuasai setiap peserta. Mengingat tingkat ketipisannya akan mempengaruhi hasil akhir pastrynya juga.

Akhirnya para peserta bergembira setelah praktek membuat adonan pastry dimulai. Teknik menggilas, melipat, menggilas, melipat lagi beberapa kali, dilakukan secara berkelompok dengan semangat. “Ayo semangat ya, kita berlomba. Kalian berkelompok melawan saya sendirian!”, begitu tantang Fatmah sang instruktur menyemangati para peserta kursus.

pastry-41 pastry-51

Setelah diselingi acara istirahat makan siang dan sholat sambil menunggu proses fermentasi. Peserta kursus bergantian mengintip proses pemanggangan didalam oven. Senang sekali melihat croissant, Danish, dan Puff pastry bergerak mengembang dan menjadi matang. Apalagi ketika tutup Zupa Soup membumbung tinggi , semua terkagum-kagum melihatnya.

Masih belum selesai sampai disitu. Menghias Fruit Danish dengan aneka buah menjadi acara terakhir yang sangat seru. Kiei, Srawberry dan jeruk mandarin makin mempercantik tampilan fruit danish kali ini. Apalagi setelah dipoles sedemikian rupa menjadi mengkilap. Serasa Bakery di mall-mall terkenal pindah kemarkas NCC deh.

 Pastry yang berlapis-lapis sempurna itu, mejadi semakin sempurna karena digunakannya Blue Band Pastry Fat. Meskipun membutuhkan ketrampilan dengan tingkat kesulitan yang agak tinggi. Ketika berhasil membuat pastry, siapapun pasti akan sangat merasa bangga dan puas. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment