NCC Culinary Weeks: Ketahanan Pangan Lokal

poster-ketahanan-lokal

#NCC1Dasawarsa

Event Online Ketahanan Pangan Lokal

(17 Jan-18 Feb 2015)

Hai teman-teman NCC,

Salah satu acara 1 Dasawarsa NCC yang sudah diagendakan adalah Culinary Weeks (17 Jan – 18 Feb) dengan tema Ketahanan Pangan Lokal. Event Online ini beda loh dengan NCC Culinary Weeks yang sudah-sudah. Kali ini kita bermitra dengan Dompet Dhuafa, bersama-sama memberikan manfaat lebih dari sekedar berbagi resep andalan. Gimana maksudnya?

Menurut penelitian, banyak sekali anak anak terlantar di daerah terpencil – bukan karena tidak ada makanan, tapi karena ketidak tahuan para ibu mengolah bahan pangan yg ada didaerahnya sendiri. Karena sekian generasi di negara kita telah terbiasa dengan pangan beras, sehingga ada pendapat “bila tidak ada nasi serasa belum makan”. Padahal banyak sekali bahan baku pangan lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai pangan sehat. Kemampuan mengolah bahan pangan lokal menjadi penting guna memastikan Indonesia memiliki ketahanan pangan yang baik, bahkan bisa dijadikan sumber penghasilan yang dapat diandalkan. Berdasarkan hal tersebut diperlukan resep-resep inovatif terkait cara mengolah bahan pangan lokal dan dengan harga terjangkau menjadi makanan yang enak, sehat, dan dengan tampilan menarik.

Dalam rangka memperingati satu dasawarsanya, NCC ingin memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat Indonesia utamanya dan selebihnya untuk dunia. Pengembangan resep pangan lokal menjadi salah satu cara NCC bersama seluruh kekuatan anggota komunitasnya dalam menyumbangkan resep makanan dengan bahan baku pangan lokal dengan harga terjangkau.

Beruntung sekali kita bermitra dengan Dompet Dhuafa yang memiliki daerah binaan di lebih dari 18 provinsi Indonesia dan 5 negara. Dari semua resep yang diposting akan dipilih 40 resep untuk dibukukan oleh Dompet Dhuafa. Buku tersebut akan didistribusikan ke daerah-daerah binaan dan juga dijual secara komersial untuk tujuan pengumpulan dana.

Oleh karena itu semua peserta Culinary Weeks yang telah menyumbangkan resep dimohon kerelaannya untuk tidak mendapat royalti sama sekali dan membebaskan Dompet Dhuafa untuk membukukan dan menerbitkan resep dan fotonya.

Yuuuk, semua ikutaaaan..!

Culinary Weeks ini sudah dimulai yaaa, resep dan foto sudah mulai bisa disetor sebanyak-banyaknya. Eits, tapiiii.. baca dulu Rules Of The Gamenya di blog NCC Pangan Lokal, atau simak di milis NCC atau Fan Page NCC1Dasawarsa.

Berbagi ilmu saja sudah mulia, apalagi ditambah manfaat infaq di dalamnya.

Semoga menjadi salah satu pemberat timbangan amal kita kelak di hadapan Yang Maha Pencipta. Aamiin, in syaa Allah.

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment