Telur Asin

Sungguh saya tidak dalam kesulitan mendapatkan telur asin, karena rumah saya dekat pasar, dan cukup mudah membelinya. Tapi gegap gempita semangat membuat telur asin home made di group NCC facebook memotivasi saya untuk ikut serta mencobanya. Ternyata sangat menyenangkan, setelah bersabar menunggu duapuluh satu hari, saat panen tiba, telur asin yang didapat sangat enak. Masir kuningnya, dengan rasa asin yang pas menurut saya.

Telur Asin

Penulis: Fatmah Bahalwan

Bahan:

12 btr    telur bebek
500 gr    garam kasar
1,5ltr      air

Cara membuatnya:

  1. Aduk garam dan air hingga garam larut. Tuang kedalam toples.
  2. Masukkan telur bebek kedalamnya, hingga terendam semua. Tutup.
  3. Diamkan selama duapuluh satu hari. Angkat
  4. Kukus, atau rebus selama 30 menit. Angkat, dinginkan.

About the author  ⁄ NCC Indonesia

24 Comments

  • Reply
    ika
    December 9, 2013

    Salam kenal bu…….sy suka bgt mampir ke blog nya NCC,resepnya enak2.sayangnya sy blm bikin blog,jd hasil prakteknya blm bisa d publish.oh iya bu….soal bikin telur asin.telur asinnya d amplas dl ga bu…..?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 10, 2013

      Tidak perlu, Ika. Amplasnya untuk menghaluskan meja saja ya 🙂

  • Reply
    December 17, 2013

    Selamat pagi bu..Karena sangat penasaran pengen bikin telur asin,makanya saya mempraktekkan telur asinnya ..baru 2 hari sih hehe masih lama nunggunya .Mau tanya klo air garamnya itu apa bisa dipakai ulang untuk telur asin selanjutnya?Trims sebelumnya ..deg degan nunggu telur asinnya ‘jadi’

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 17, 2013

      Gak bisa, Tita. Tingkat kejenuhan garamnya sudah berubah. Ganti dengan air garam yang baru.

  • Reply
    yuri
    January 14, 2014

    Salam kenal ibu,
    Sy mau coba praktek utk bikin telur asinnya..
    Sebelumnya saya mau tanya,utk penyimpanan toples yg berisi air garam itu..d letakkan dimana ya bu? Apakah disimpan di kulkas?
    Terimakasih sebelumnya utk jawaban ibu..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 18, 2014

      Tidak perlu, bu. Diletakkan di ruangan biasa saja, usahakan tidak terkena panas matahari langsung.

  • Reply
    Irin
    February 1, 2014

    Ibu Fat, garam kasar itu seperti apa? Di kota saya kok susah ya cari garam itu? Kalau pakai garam balok bisa tidak bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 1, 2014

      Garam kasar biasa disebut garam grosok atau garam batu, bentuknya seperti kerikil kasar kecil-kecil. Pakai garam balok bisa, bahkan garam meja pun bisa.

  • Reply
    amlius
    April 3, 2014

    bu, setelah telurnya asin, apa boleh disimpan begitu saja tanpa direbus/kukus?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 10, 2014

      Bisa saja disimpan di dalam kulkas, tapi telur akan semakin asin.

  • Reply
    ana
    April 16, 2014

    toples yang dipake harus kaca atau bisa dari plastik? trims

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 19, 2014

      Bisa dari apa saja, asalkan toples milik sendiri *comot rempeyek*

  • Reply
    aure
    June 19, 2014

    bu, bisa ga bikin telur asin dari telur ayam? dan kalau didiamkan diluar (tidak masuk kulkas) apa telurnya tidak akan busuk?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      June 19, 2014

      Bisa. Tidak busuk, percaya deh. Kalau gak percaya kamu bikin saja 🙂

  • Reply
    Imas
    February 23, 2015

    Bu fatmah, saya mau tanya, setelah di kukus, telur beratahan berapa lama di suhu ruangan? Bagaimana telur bisa bertahan ± 1 bulan di suhu ruangan? (Apakah lama perebusan, pemeraman, atau teknik produksi lainnya?) Terima kasih, mohon balasannya 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Kami belum pernah mencoba menyimpan telur asin rebus hingga 1 bulan di suhu ruang. Secara kimiawi, makanan akan rusak karena tumbuhnya bakteri, karena itu harus dihilangkan zat yang membuat bakteri tumbuh, yaitu: udara dan air. Untuk kasus telur rebus, tentu tidak bisa kita keringkan tapi bisa dicoba vacuuming.
      Menurut pengalaman, di dalam kulkas bisa tahan 2 minggu. Di suhu ruang mungkin separuhnya.
      Makanan apapun tidak ditakdirkan untuk awet lama loh. Bahkan kurma pun mengenal kata rusak. Jadi jika kamu ingin jualan, sedapat mungkin juallah makanan sesegar mungkin.

  • Reply
    Rian
    August 23, 2015

    Salam kenal bu Fatmah yang cantik dan baik hati. Ketika telurnya direndam air garam, apakah telurnya harus terapung, karena saya coba buat, telurnya duduk manis di dasar toples. Apakah karena garamnya kurang banyak?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 24, 2015

      Tidak harus. Terapung atau duduk dipengaruhi oleh umur telur.

  • Reply
    Anita
    April 24, 2016

    Mau tanya, dosis garam dan air di resep apakah hanya untuk 12butir, atau.boleh ditambah, soallnya sayang ruang toplesnya masih kosong:)

  • Reply
    popon
    September 8, 2016

    salam kenal Ibu Fatma. saya buat telor asin,hasil nya masir tp rasanya terlalu asin. kemudian saya coba lagi kurangi garamnya,tp malah hasilnya gak masir. gimana solusinya untuk hasil yg masir tp gak terlalu asin. trma kasih. mohon jawabanya…

Leave a Comment