Bolu Gulung Dasar

Bolu Gulung Dasar

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

15 btr kuning telur
150 gr gula pasir
75 gr tepung terigu
175 gr mentega, kocok hingga mengembang dan pucat

Cara membuat:

  1. Kocok telur dan gula hingga kental, matikan mikser.
  2. Masukkan mentega kocok, aduk rata. Masukkan tepung terigu. Aduk rata.
  3. Tuang kedalam Loyang ukuran 25x35x4 cm yang sudah dioles margarine dan dialasi kertas roti, ratakan.
  4. Oven selama 15-20 menit dengan suhu 180 derajat Celsius hingga matang.
  5. Balik ke atas serbet atau kertas roti, olesi dengan selai stroberi, lalu gulung perlahan.
  6. Dinginkan dalam kulkas, potong-potong.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

41 Comments

  • Reply
    January 29, 2014

    Mau donk resep buttercream yang enak, thq

  • Reply
    indah
    March 21, 2014

    bisakah pakai loyang uk: 28x28x4 cm untuk bolgul ini dan efeknya bagaimana; menipis atau tidak? maklumlah saya newbie.. 🙂 terima kasih sebelumnya.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 21, 2014

      28x28x4 cm hasilnya akan terlalu tipis. Lebih baik gunakan loyang 26x26x4 cm.

      • Reply
        Arya
        December 18, 2015

        Lho bukannya di resep atas 25×35 bu?
        Trus pk tepung terigu protein rendah ato sedang? Putih telurnya sayang ya ada 15 nganggur hihi

    • Reply
      zumratul
      April 3, 2015

      maaf sblmnya sy masih ragu, resep bolu gulung ini utk 3 lapis ? tq penjelasannya ya bu fatma

      • Reply
        NCC Indonesia Author
        April 11, 2015

        Bolu gulung hanya 1 lapis saja, bu. Lalu digulung. 😊

  • Reply
    inggrid
    September 14, 2014

    Hallo bu…sy sudah coba resepnya tapi kenapa permukaannya nggak bisa mulus rata ya tapi ada gelembung – gelembung dan warnanya juga tidak bisa rata coklat keemasan tapi ada yang gelap ada yang terang …thanks infonya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 16, 2014

      Hallo juga Ibu Inggrid. Gelembung pada permukaan bolu itu normal saja. Coba Ibu sedikit hentakkan loyang berisi adonan sebelum masuk oven agar udara yg tertangkap saat proses pengocokan sedikit menghilang. Warna kecoklatan yang tidak rata itu tergantung dari panas oven yang mungkin kurang rata. Tetap semangat Ibu.

  • Reply
    October 24, 2014

    Ibu Fat, terima kasih atas resep bolgulnya yang enaaaaak ini! Menurut saya, bolu “M” yg terkenal itu mah lewaaaaaaat.. ^_*

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 26, 2014

      Iyaaaaaaa, lewaattt… Hihihi ge-er. Alhamdulillah, semoga selalu bermanfaat.

  • Reply
    Fera
    December 18, 2014

    Terima kasih buat resepnya bu Fat. Saya mau tanya, untuk menteganya ,ibu suggest yg salted atau unsalted ? Trus menteganya itu di kocok sampai bener2 mengembang pucat atau sampai lembut saja dgn maksud spy mencampurnya lbh mudah….soalnya sy bingung di resep bolu bu Fat yg lain hanya kocok lembut. Trus, begitu kluar dr oven, langsung oles selai dan gulung ya ? Tdk perlu nunggu bbrp saat agar uap panasnya kluar….maaf terlalu banyak pertanyaan….saya baru mau belajar buat bolu gulung.

    • Reply
      Fera
      December 18, 2014

      Oya bu Fat, msh ada yg mau sy tanyakan, mengenai telur. Klo pakai gram kira2 brp gram ya? Telur itu beda2 sih dipasaran. Klo sy beli di supermarket, ukurannya bisa big size, tp klo beli di toko bahan kue kecil2. Jadi idealnya bikin kue ini pake yg mana? Terima kasih 🙂

      • Reply
        NCC Indonesia Author
        December 21, 2014

        Jika ingin distandardkan supaya hasil produksi selalu sama, konversikan resep sbb:
        1 butir telur ukuran sedang dg kulit = 60 gr
        1 butir telur ukuran sedang tanpa kulit = 50 gr
        1 kuning telur = 20 gr
        1 putih telur = 30 gr
        Untuk resep-resep Indonesia, umumnya menggunakan ukuran sedang kecuali disebutkan lain. Jika disebutkan menggunakan telur ukuran besar, maka gunakan telur 70 gr/butir dg kulit.
        Resep ini, jika dirasakan kurang tinggi, bisa ditambah kuning telurnya hingga 20 kuning telur.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 21, 2014

      Mentega tidak masalah yang salted atau unsalted. Jika menggunakan unsalted, tambahkan saja sejumput garam agar rasa tetap seimbang.
      Mentega dikocok sampai betul-betul mengembang dan pucat.
      Tunggu sebentar sampai bolu bisa dipegang. Kalau masih terlalu panas nanti tanganmu melepuh 🙂
      Sukses untukmu, semangat ya, kamu pasti bisa, in syaa Allah :*

  • Reply
    Fera
    December 22, 2014

    Terimakasih Bu Fat atas penjelasannya. Saya sdh praktek, hasilnya enakkkkk dan lembuuuutttttt banget! 😀 emang, bolu “M” lewatttttttt 😀 terimakasih sdh sharing resep2nya 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 26, 2014

      Alhamdulillah.. Sama-sama terimakasih, sukses selalu untukmu yaa..

  • Reply
    susi
    December 25, 2014

    Assalamualaikum wr.wb ..bu fat kenapa bolu sy atasnya pas digulung menglupas ya?.klo soal rasa..heeem….juaraa. Thx resepnya.

  • Reply
    Yani
    January 26, 2015

    Bu…aku praktek nih ajaran ibu. Aku bisa nggulungnya rasanya jg ok bingut tp ngelupas atas bawah pas diangkat dr oven … Kurang lama manggangnya ya bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 19, 2015

      Mengelupas bawahnya gak masalah, toh akan dioles selai. Memgelupas atasnya, ya, kurang lama sedikit memanggangnya.

  • Reply
    Lanny
    February 1, 2015

    Pagi bu fatmaa 😊
    Sya udah praktek resep ini loh, hasilnya enak banget ibu
    Cuma saya mau nanya, di resep ini mentega kocok saya ganti dgn mentega cair, apa hasilnya bisa sama saja? Terima kasih 😊

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Tidak bisa, Lanny. Akan beda teksturnya dan resepnya pun berbeda. Waaah, selamat ya sudah berhasil bikinnya.

  • Reply
    fitri
    February 20, 2015

    Mba salam knal,
    mau tanya,
    untuk mengocok telur dan gula dengan mixer kira-kira sampai berapa lama ya mba ?
    Berapa lama memanaskan oven sebelum digunakan untuk memanggang bolu gulung?
    untuk membuat bolu gulung menggunakan api atas atau api bawah ya?
    Thanks mba

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Tergantung miksernya. Mikser kecil bisa 20 menitan, bahkan ada yang lebih. Sementara mikser besar 5-10 menit sudah kental.
      Memanaskan oven 15 menit untuk ukuran sedang. Makin besar oven, makin lama waktu memanaskannya.
      Api bawah. Api atas hanya untuk mengeringkan bagian atas bila perlu, bila sudah kering tidak usah.

  • Reply
    fitri
    February 20, 2015

    bu fatma salam knal,
    bu fatma saya mau tanya,
    untuk mengocok telur dan gula dengan mixer kira-kira sampai berapa lama ya bu ?
    Berapa lama memanaskan oven sebelum digunakan untuk memanggang bolu gulung?
    untuk membuat bolu gulung menggunakan api atas atau api bawah ya bu?
    Terima kasih.

  • Reply
    Manda
    February 23, 2015

    Bu fatma, assalamualaykum, cara menggulungnya supaya kue tidak rusak gmana ya bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 6, 2015

      Wa ‘alaykumussalam wa rahmatullah. Kuncinya, panggang kue jangan sampai terlalu kering, karena bila terlalu lama dan menjadi garing, dia akan patah digulung. Setelah bagian atas kering, tes tusuk kering, segera angkat. Bolu akan mudah dan lentur untuk digulung dan tidak akan rusak.

  • Reply
    Fani
    March 18, 2015

    bu fatma, resep bolu gulung dasar yang ini bisa untuk dikukus juga ga yah?
    trimakasih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 19, 2015

      Teorinya bisa, tapi kami belum pernah mencobanya. Yuk, dicoba saja, lalu ceritain yaaa..

  • Reply
    indah
    April 18, 2015

    Bu, apakah boleh jika tepungnya bkm di aduk tp dimikser?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 18, 2015

      Sebaiknya diaduk saja.

      • Reply
        indah
        April 22, 2015

        Bu, maaf tanya lg. Mengocok mentega nya brp lama klo pake mikser kecil?

  • Reply
    eris
    August 1, 2015

    bu kalo untuk loyang 20x20x7 resepnya gimana?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 16, 2015

      Tidak bisa, harus di loyang pendek maksimal 4 cm. 7 cm terlalu tinggi, permukaan kue sulit keringnya.

  • Reply
    Sofia
    September 5, 2015

    BU, Saya may Tanya dikocoknya kira2 berapa lama yaa… Saya udah coba buat tp gagal ngga mengembang… Terus itu pas mentega dan tepung dimasukkan diaduk pake spatula aja… Makasih bu

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Kocok mentega sampai putih, kurang lebih 15 menit. Kocok telur sampai kental, sama, kurang lebih 15 menit. Ya, aduk pakai spatula. Yuk dicoba lagi, semangaaat…

  • Reply
    Ratna
    February 12, 2016

    Bu mau nanya, untuk pengocokan gula & telur apa cukup sampai kental aja ataukah sampai jambul petruk? Saya bikin masih kurang tebal hasilnya, trus adonan turun setelah keluar dari oven

  • Reply
    yul
    December 2, 2016

    Bu saya mau tanya, biasa sisa telur putih diapakan ya? Banyak resep cuma pakai telur kuning saja. Saya bingung sisanya dibuat apa?

  • Reply
    novi
    April 6, 2017

    Assalamualaikum .. bu Fat knapa ya setiap mmbuat bolu gulung yg bnyak kuning telurnya hasilnya selalu tidak bisa mulus..bagian tengah kue menggembung sedangkan bagian pinggirnya agak kempes bu..

Leave a Comment