Hollanda Klappertaart

Klappertaart gaya belanda ini sungguh juarrraa.. Lembut, gurih kenari dan kelapa, wangi kayu manis. Satu tak akan pernah cukup. Jika diinginkan topping yang lebih mumbul, buat double saja resep toppingnya, lalu semprotkan lebih tebal. Diganyem bareng teh anget sore-sore, mertua lewat gak pake nengok..

Hollanda Klappertaart

Bahan:

1 ltr susu segar
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
50 gr tepung custard
150 gr butter
6 btr kuning telur
4 btr kelapa muda, keruk dagingnya, potong-potong
100 gr kenari
1 sdm kayu manis bubuk

Topping:

12 butir putih telur
8 sdm gula pasir
4 sdm tepung terigu
kismis
kayu manis bubuk

Cara Membuat:

  1. Cairkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung custard dengan susu secukupnya, sisihkan.
  2. Rebus sisa susu segar, gula pasir dan garam sampai mendidih.
  3. Masukkan larutan tepung kedalam susu sambil diaduk sampai mendidih.
  4. Masukkan butter, aduk rata. Masukkan kelapa muda, kayumanis bubuk, kenari cincang dan kuning telur.
  5. Masukkan ke dalam loyang sampai 1/2 tinggi loyang. Panggang dengan cara au bain marie sampai setengah matang.
  6. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok lagi sampai kaku. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  7. Semprotkan keatas adonan setengah matang, taburi kayu manis bubuk dan kismis. Panggang sampai kuning kecoklatan.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

52 Comments

  • Reply
    December 2, 2013

    Ini kue rasanya nikmat bangeet.

  • Reply
    lubnayya
    December 27, 2013

    Bu Fatma… Kuning telurnya dikocok dulu atau bgmn ?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Tidak perlu, langsung campurkan saja dan aduk rata.

  • Reply
    neni
    February 5, 2014

    Dear NCC, brp suhu oven saat memanggang? Dan brp menit waktu yg dibutuhkan utk memanggang? Terima kasih atas jawabannya 😉

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 5, 2014

      Lk 180 derajat celsius. Waktunya tergantung oven masing-masing, lk 30-45 menit, bisa bervariasi.

  • Reply
    desi
    February 16, 2014

    Dear bu Fatmah, saya sudah mencoba dan rasanya sungguh enak, terima kasih bu utk resepnya, tp ada pertanyaan, kenapa klapertart saya encer sekali ya bu? Tidak bisa beku dan dipotong, apa penyebabnya, dan bagaimana solusinya..apakah terlalu banyak kelapa bisa jd salah satu penyebabnya? Terima kasih bu fatmah..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 17, 2014

      Ini memang klappertaart jenis custard pudding, tidak bisa dipotong seperti klappertaart manado yg seperti pudding roti. Ini makannya disendoki. Jadi bukan encer, tapi kental.

  • Reply
    Cynthia
    February 25, 2014

    Mba Fatmah, kalau ngga pakai tepung custard bisa ngga ya? Atau bisa diganti dengan bahan lain? Soalnya ngga punya stock tepung custard nih di rmh..:)

  • Reply
    ade
    March 14, 2014

    Bu… knp kl sy bikin klapertar toppingnya selalu menciut ke tengah ya? Ga tertutup isian kalpertarnya, malah berair 🙁

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 20, 2014

      Kurang banyak menyemprotkan toppingnya, dan mungkin kurang rata juga. Topping memang akan sedikit menciut. Kalau sampai berair berarti topping kurang matang.

      • Reply
        Deffi
        June 12, 2020

        Oh Krn kurang Mateng ya Bu ? Pantesan aku bikin topping nya kok berair Mulu ,, apa panggangnya pake api atas aja bu.?

  • Reply
    Novi
    April 15, 2014

    kalo gak pake butter bisa gak??? apakah akan mempengaruhi rasa n tekstur?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 19, 2014

      Bisa saja. Pengaruh di rasa. Tekstur tidak terlalu.

  • Reply
    susy
    May 13, 2014

    Dear NCC, mo tanya agar klapetart bisa dilebih padat bahan apa yang harus ditambahkan?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 14, 2014

      Maizena, 1-3 sdt sesuai kepadatan yg diinginkan.

  • Reply
    Asti
    June 11, 2014

    Dear NCC,

    Sewaktu langkah ke 4, apakah api kompor dalam keadaan mati?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Betul, asti. Kompor dalam keadaan mati terbunuh.

  • Reply
    azzahra
    October 12, 2014

    Dear Bu Fatmah, biasanya untuk resep klappertaart pake butter jenis apa / merk apa bu??

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 12, 2014

      Merk apapun bisa digunakan, pakai merk favorit masing-masing, tidak ada kekhususan.

  • Reply
    November 11, 2014

    Bu alhamdulillah saya udah coba resep klapertaartnya. Uennakk pisan bu. Hatur nuhun resepnya. Nenek pas lagi di foto klappy nya, udah ribut duluan takut kehabisan sama yg lain… Adonannya saya bagi dua satu original dan satunya lagi saya tambahkan keju, dua-duanya yummmiii…

    Terima kasih ya bu. Lain waktu saya ingin coba resep yang lainnya…
    sukses selalu buat bu fatma dan ncc..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 15, 2014

      Alhamdulillah, aaah ikut senaang.. Barakallahu fiik 😘

  • Reply
    fauzia
    March 13, 2015

    dear ncc,
    kalau klappertartnya saya tambah dengan roti tawar agar lebih padat bisa tidak ya bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 19, 2015

      Bisa saja, bu. Jadinya klappertaart manado. Rotinya direndam susu dulu sebentar ya bu.

  • Reply
    April 20, 2015

    Dear ncc, 1 resep ini hasilnya bisa dapet berapa loyang (loyang alumunium foil yg difoto)?

  • Reply
    destia
    December 13, 2015

    Ass bu, kl d timnya ky gmn y bu? Ini resep alm teh Ruri y, main bnyk yg suka klappienya.. Smga jd pahala utk alm..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Au bain marie maksudnya? Panggang sambil direndam air panas, bu. Masukkan loyang klappertart ke dalam loyang yang lebih besar, lalu isi loyang yang lebih besar itu dengan air panas. Panggang sesuai resep.

  • Reply
    iepiep
    January 19, 2016

    bu klo buat klaperttart ini pake oven tangkring bisa ga ya?

  • Reply
    henny
    February 22, 2016

    Assalamualaikum bu, suka deh dengan resep2nya, pengen ikut kursus nya tggu baby ku udah bisa ditinggal ~_~ masih lama..
    Bu mo tanya tepung custard itu apa ya bu? Merk nya kl disupermarket apa? Ini diaduk nya bisa pake kocokan telur aj atau harus dgn mixer?
    Makasih sblmnya ya bu.. Sukses trs buat NCC

  • Reply
    henny
    February 23, 2016

    Oh iya bu, kl topping nya pake choco chips bisa bu? Trs oven nya kan tidak besar bu ngantri jd nya untuk memanggang nya, didiamkan boleh ga Atau harus smua nya lgsg di masukin oven? Trimakasih sblm nya..

  • Reply
    donda
    June 23, 2016

    Dear ibu, saya baca di atas kalau tidak ada tepung custard, ganti dengan tepung maizena. Berarti tepung maizena nya ditambah 50 gram lg jd 100 gram tepung maizena kah? Terima kasih bu..

  • Reply
    September 3, 2019

    Artikel anda memuat resep yang dapat diikuti serta mudah dipahami.

  • Reply
    Delicia
    November 9, 2019

    Assalamu’alaykum … saya Della dari Bandung . Ingin info apakah ada NCC Bandung … terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 6, 2019

      ada. silakan search NCC Bandung di Facebook Group.

  • Reply
    August 24, 2021

    Magnificent goods from you, man. I’ve take into accout your stuff prior to and you’re just too wonderful.
    I actually like what you’ve obtained right here, really like what you
    are stating and the way in which by which you say it.

    You’re making it entertaining and you continue to take care of to
    stay it sensible. I can’t wait to read far more from you.
    That is really a wonderful web site.

  • Reply
    LepeEnava
    August 28, 2021

    http://buysildenshop.com/ – viagra online drugstore

  • Reply
    August 29, 2021

    Everything is very open with a clear description of the issues.
    It was definitely informative. Your website is extremely helpful.
    Thank you for sharing!

  • Reply
    August 30, 2021

    Good day very nice blog!! Man .. Beautiful .. Superb .. I will bookmark your website and take
    the feeds also? I’m glad to seek out numerous helpful information right here within the publish, we’d like
    develop extra strategies in this regard, thank you for
    sharing. . . . . .

  • Reply
    September 1, 2021

    I love your blog.. very nice colors & theme.
    Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you?

    Plz respond as I’m looking to design my own blog and would like to
    find out where u got this from. many thanks

  • Reply
    September 1, 2021

    Your style is very unique compared to other folks I’ve
    read stuff from. Many thanks for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just book mark this blog.

  • Reply
    September 3, 2021

    I’ve been exploring for a bit for any high quality articles or blog posts in this sort of area
    . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this web
    site. Reading this info So i’m happy to convey that I have a very
    just right uncanny feeling I discovered exactly what I
    needed. I most definitely will make certain to don?t omit
    this site and give it a glance regularly.

  • Reply
    September 4, 2021

    I like it when people get together and share views.

    Great website, continue the good work!

  • Reply
    September 6, 2021

    If you want to improve your knowledge only keep visiting this site and be updated
    with the hottest news update posted here.

  • Reply
    September 6, 2021

    I always used to read article in news papers but now as I am a user of web so from now I am using net for content, thanks
    to web.

  • Reply
    November 15, 2021

    Your article looks really adorable, here’s a site link i dropped for you which you may like. https://www.powerball365.info

  • Reply
    November 15, 2021

    When your website or blog goes live for the first time, it is exciting. https://www.racesite.pro/

  • Reply
    November 15, 2021

    Thanks for sharing such great information. It was really helpful to me.https://www.reelgame.site/

  • Reply
    November 15, 2021

    Great post, beautiful weblog with great informational content. This is a really interesting and informative content. https://www.totosite365.info

  • Reply
    November 16, 2021

    Very nice article. I certainly love this website.카지노

  • Reply
    November 16, 2021

    Wonderful web site. Plenty of useful info here. I am sending it to several pals ans additionally sharing. 온라인카지노

  • Reply
    November 16, 2021

    This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche. Your blog provided us beneficial information to work on. 바카라사이트

Leave a Comment to t.co