Curry Puff a.k.a. Pastel Singapura (step-by-step)

Atau Karipap Pusing, demikian teman-teman di Malaysia sering menyebutnya. Ini jenis lain dari pastry Asia dengan kulit renyah berlapis-lapis membentuk motif pusar di tengah. Sehingga ia juga populer dengan nama Pastel User-User, dan dari pusar itu pulalah datangnya kata “pusing”. hihihi.. Terserah deeeh, yang penting curry puff ini enak dan mudah membuatnya. Cihuy juga buat jualan. Yuk, mari.. *gulung adonan*

Pastel Lapis a la Singapura
(Karipap Pusing)

by Fatmah Bahalwan

Kulit

Bahan A:
250 gr tepung terigu
150 gr margarine

Bahan B:
750 gr tepung terigu
80 gr minyak goreng
300 ml air dingin
50 gr gula
1 sdm garam

Cara Membuat:

IMG_2748_Fotor_Collage

  1. Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yg dapat dipulung. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan. Sisihkan.
  2. Bahan B: dalam wadah, masukkan tepung, minyak goreng, gula, garam, uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yg kalis. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan.
  3. Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dg 1 bagian adonan A ditengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan bulatannya. Lakukan pada semua adonan. Diamkan 15 menit.
  4. Ambil satu bagian adonan, gilas tipis lalu lakukan lipatan single, yaitu adonan dilipat tiga kearah tengah.
  5. Gilas lagi memanjang hingga sangat tipis. Kemudian gulung, dan padatkan. Lakukan hal yang sama pada tiga adonan lagi.stepbystep1_Fotor_Collage
  6. Potong-potong adonan horizontal setebal kurang lebih 1-1,5 cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran.
  7. Gilas tipis tiap potongan, beri isi Kentang Bumbu Kari, dan bentuk menjadi pastel.
  8. Goreng dalam minyak yang sudah panas, hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan.

 stepbystep2_Fotor_Collage

Bahan Isi:

Kentang Bumbu Kari

by Fatmah Bahalwan

Bahan:

500 gr kentang
1 bh bawang bombay, cincang
3 bh bawang putih, cincang
3 sdm margarin
2 sdm bumbu kari bubuk siap pakai
1 sdt kaldu ayam bubuk
2 sdm saus tomat
1 sdm saus sambal

Cara membuatnya:

  1. Kukus kentang hingga matang, kupas, potong dadu kecil.
  2. Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu, masukkan kentang. Aduk rata.
  3. Taburi bumbu kari bubuk dan kaldu ayam bubuk, aduk rata, tuangi saus tomat dan saus sambal, aduk hingga rata dan matang. Angkat.Dinginkan untuk siap menjadi isian.

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

51 Comments

  • Reply
    ana
    December 21, 2013

    ncc is the Best deh… bikin ibu2 seindonesia makin semangat bakulan hehehe… #hug all moderator ncc#

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 21, 2013

      Aaaah, mimin dipeluuuukkk… hihihi..
      Semoga bermanfaat!

  • Reply
    Penyulawa
    December 21, 2013

    terbaik!!!

  • Reply
    Tarsih
    December 21, 2013

    Maaf mau tanya untuk pastel ini cocoknya pakai terigu protein apa ya? terimakasih.

  • Reply
    munirah
    December 22, 2013

    klo pastel biasa pke bahan yg mana? maaf oot ya bu

  • Reply
    marista
    December 23, 2013

    ini tanpa telur ya? kalau sudah digoreng bisa renyah juga?

  • Reply
    ghina
    December 26, 2013

    saya td coba bikin,tp gak berhasil.jd wkt digulung tipis sblm dipotong,,kulitnya sobek, adonan margarin nya keluar. bentuk pola pusar nya udah ada, cuma ga rapi gitu ada sobekan2, saya rapikan dikit lalu digoreng, eh sepertinya margarinnya ikut mencair, alhasil karipap nya banyak yg ambyar. knapa bs sprti itu ya? apa krn ad B nya krg kalis? mohon dibantu. untung td cuma bikin 40% dr resep, hehe… makasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Selain kurang kalis, menggilasnya pun harus hati-hati. Jaga tekanan dalam menggilas agar adonan tidak robek dan margarin tidak keluar. Jangan langsung menekan dengan kuat atau menarik adonan, tipiskan adonan secara bertahap. Jika adonan melawan, istirahatkan sebentar hingga lemas lagi.
      Sering-sering berlatih akan menghasilkan pastel yang semakin rapi dan cantik.

  • Reply
    Dyarra
    December 27, 2013

    Tadi aku coba bikin, hasil nya enak renyah, tapi lapisan2 nya kurang muncul. Kenapa begitu ya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Gorengnya dengan minyak banyak? Jika minyak kurang banyak, bagian pastel yang menyentuh dasar penggorengan lapisan-lapisannya akan merapat.

  • Reply
    indri
    December 27, 2013

    Assalammu’alaikum bu Fat, kalo saya lagi menghindari penggunaan margarin, apa bisa diganti minyak semua?
    Sebetulnya gak musti berlapis sih, jadi kulit pastel biasa aja jg ga apa2 asal pake minyak saja… kira2 bisa ga ya bu?
    Terima kasih sebelumnya :-)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Wa alaykumussalam warrahmatullah Indri, jika ingin pastel biasa, gunakan adonan B saja, adonan A tidak usah digunakan. Gilas dan isi pastel seperti biasa.

      • Reply
        desy
        January 8, 2014

        dear the nicest miss admin, bahan B bisa jd pastel biasa ya… tp beda dgn resep pastel di oldsite, disana pakai air hangat, di bhn B pakai air dingin…satu minyak, satu margarin… saya jadi galau…. :p
        thx

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          January 9, 2014

          Dua-duanya benar resepnya. Kamu coba saja salah satu atau dua-duanya, nanti bisa tau yang mana yang kamu suka.

  • Reply
    ica
    January 1, 2014

    Bu Fat, aq ud nyobain alhamdulilah enak. Cuman ad beberapa pastelnya pas digoreng puserannya kebuka. Kok bs begitu ya? Padahal sy udah mempraktekkan cara n bahan yg sama. Cara mengiling sy pun saya rasa ud bener. Api yg sy gunakan jg sedang sj. Mohon pencerahannya ya bu. Soalnya sy pengen praktek bikin pastelnya lg buat hantaran :)

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 2, 2014

      Biasanya karena gulungan kurang padat, atau irisan terlalu tipis, atau adonan kurang istirahay. Setelah digulung, guling2kan di atas meja sambil dipadatkan supaya gulungan menjadi lebih kejat. Bila perlu, istirahatkan adonan 15 menit. Setelah diiris dan digilas, tepuk2 perlahan adonan agar lapisan lebih menempel lagi, lalu isi dan rapikan.

  • Reply
    Dyarra
    January 2, 2014

    Bu Fat..Alhamdulillah setelah nyoba berulangkali tanpa pantang menyerah, akhir nya sukses juga dgn hasil pastel yang cantik.. tips nya, adonan aku istirahatkan lebih lama sktr 30 menit, sebelum digoreng aku simpan di lemari es dulu jadi ketika di goreng lapisan nya nggak mudah kebuka, goreng dgn minyak banyak gunakan api sedang dan jangan terlalu banyak, cukup 3-4 pastel dalam sekali menggoreng dan satu lagi… Jangan terlalu sering di bolak balik.. InsyaAllah hasil nya memuaskan.. Mudah2an bermanfaat.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 3, 2014

      Waaah, kereeen tipsnyaaaa.. Terimakasih, Dyarra, insya Allah bermanfaat tipsnya :*

  • Reply
    wanda
    January 4, 2014

    Margarin nya tidak perlu pakai khusus margarin pastry ya?

  • Reply
    wanda
    January 6, 2014

    bunda fatmah,,tadi aku coba bikin pastel singapura nya kok gk bisa seperti tu ya bun?lingkarannya gk bisa mekar gitu bun,,kenapa yaa?padahal rasanya uda uenak banget,,renyah juga,,tp bentuknya seperti pastel biasa bun..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 9, 2014

      Halo Wanda..
      Lingkaran pada pastel justru tidak boleh mekar, supaya terlihat teksturnya melingkar2 utuh. Pastikan tiap menggilas satu lingkaran titik tengah usar2 terletak di tengah, tidak geser ke mana-mana.

  • Reply
    wanda
    January 6, 2014

    bunda dyarra pada waktu disimpan dikulkas itu apa adonan sudah diisi atau masih berupa gulungan gitu bun?
    soalnya td waktu aku bikin adonan nya uda aku masukan kulkas,tapi belum digulung,,jd masih bulat gitu,,

  • Reply
    Dyarra
    January 7, 2014

    Bunda Wanda, dimasukan ke kulkasnya setelah adonan di isi, sebelum di goreng..

  • Reply
    January 20, 2014

    Bu Fat dan Mimin cakepps..
    Waktu pertama kali bikin karipap ini berhasil banget. Hasil jadi sangat renyah seperti pastry.
    Eh tapiiiii pas bikin kedua dan ketiga kok nggak berhasil yaaa? Setelah digoreng tetap renyah, tapi keras jadi lebih seperti cistik. :D
    Adonan B saat membuat untuk kedua dan ketiga kalinya memang lebih kering meski takaran airnya sudah benar. Sedangkan, adonan B saat membuat pertama kali memang lebih basah meski juga takarannya sudah sesuai. Jadi bingung sendiri kok bs gitu yaaa, Bu Fat dan Bu Miiin?

    Mohon penjelasannya yaaa. :)

    Terima kasiiih.

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 21, 2014

      Kalau adonan dirasakan terlalu kering, jumlah air bisa ditambah sedikit demi sedikit hingga terasa cukup lembab. Ini disebabkan kadar air yang terdapat di dalam tepung terkadang berbeda, dipengaruhi oleh cuaca dan kelembaban udara. Berlaku juga untuk adonan roti.

  • Reply
    Aqi
    January 22, 2014

    Keren nich,………………..aye cowok kagak mau kalah ame nyak2 pade. Aye juga pengen bisa bikin beginian,………………….

  • Reply
    Mumtaz Muslimah
    January 24, 2014

    Bu Fat, kalo disimpan dalam kulkas tahan berapa lama?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 30, 2014

      Dalam keadaan mentah? Paling cuma 24 jam karena isiannya basah.

  • Reply
    desy
    February 13, 2014

    dgn niat yg ikhlas dan penuh kebulatan tekad,akhirnya memberanikan diri bikin karipap (kata anak, “kaya yg di upin ipin, ma!” nnggg ada ya?) dan setelah mengikuti semua petunjuk dan komen,termasuk advice anak (biar gak lengket bawahnya alasin plastik aja ma.. *takjub*) akhirnya jadilah pastel pusing yg luar biasa *kepd-an* how i love the puff, how i love the curry, and how i loovveeeee ncc! thank u so very very super much for sharing the incredible recipe! *peluksupererat*

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 15, 2014

      Alhamdulillah.. Ikut seneeeeng! *peluk besar*

  • Reply
    meyke
    February 21, 2014

    Saya pingin coba , semoga berhasil
    Hanks buat ncc udah sharing resep

  • Reply
    meyke
    February 21, 2014

    Mba , klau saya mau bikin adonan setengah aja …
    Mn cara bagi adonanx ya …
    Tolong dibantu
    Tq

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 27, 2014

      Cara membagi adonannya sama saja dengan satu resep.

  • Reply
    Hesti
    March 4, 2014

    Bismillahirrohmanirrohim…pengen praktek..mumpung ada stock bahan, ntar kalo berhasil aku pamerin ya .. tengkyu NCC n bunda-bunda yg udah sharring tips-2nya..*cemunguud 45..:D

  • Reply
    uzy
    March 4, 2014

    Mbaa.. Udah saya coba membuat, kok klo dingin pastelnya jadi lembek dan cendrung berminyak? Kenapa tu mbaa? Apa penyebabnya?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 13, 2014

      Kurang garing nggorengnya. Goreng sampai betul-betul crispy, tiriskan dengan baik. Ini awet garing loh kulitnya.

  • Reply
    sarita
    March 5, 2014

    Assalamu’alaikum.saya baru saja kemarin Uji coba buat karipap pusing ini.tp buat nya malah justru menyenangkan ,ngga pake pusing.hehehe.mksh resepnya mba,,ludes semua karipap.tergila2 sama resep ini

  • Reply
    nina
    March 13, 2014

    bu fat and admin tnya dunk hehehe,kalo margarin diganti butter bisa ndak? Saya agak susah nyari margarin disini.trima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 13, 2014

      Bisa saja, tapi ukurannya tidak sama, harus rombak resep dan ujicoba lagi. Karena butter tidak sama karakternya dengan margarin, lebih tidak kokoh dan titik lumernya rendah sekali.

      • Reply
        Sevly
        March 29, 2014

        Selamat malam Bu fatmah. Saya mau tanya donk utk resep pastel lapis jika diganti isinya dgn sayuran seperti pastel biasa enak tidak?
        Dan satu resep bisa ja
        di berapa pcs?
        Saya ingin coba utk pesanan teman saya. Terima kadih

  • Reply
    Sevly
    March 29, 2014

    Selamat malam Bu fatmah. Saya mau tanya donk utk resep pastel lapis jika diganti isinya dgn sayuran seperti pastel biasa enak tidak?
    Dan satu resep bisa ja
    di berapa pcs?
    Saya ingin coba utk pesanan teman saya. Terima kadih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 29, 2014

      Kalau ibu bikin isinya enak, pasti enak bu :)
      Satu resep bisa jadi sekitar 40 pcs. Sukses untuk pesanannya..

      • Reply
        Sevly
        March 31, 2014

        Ok bu, makasih infonya

Leave a Comment

Current day month ye@r *