Reportase Kursus: Semangat Di Kelas Cake Dasar

Sering saya ditanya :”nggak bosan bu, mengajar cake dasar melulu?”. Oohuhuhu, ya jelas tidak banget. Bahkan saya selalu menjadwalkan kelas cake Dasar setiap bulannya dua kali. Karena justru saya paling semangat mengajar dikelas ini. Sudah lebih dari 13 tahun saat saya menulis ini, semangat saya tak pernah luntur, alhamdulillah.

Cake Dasar yang bermaterikan Sponge Cake, Butter Cake, Cinnamon Cake, Lapis Surabaya, Bolu Gulung dan Brownies Kukus, bukan saja menjadi kelas favorit banyak orang, tapi juga kelas favorit para guru NCC. Saya sangat menyatu dan menjiwai kelas ini. Betapa saya bisa menangkap beberapa rasa kurang percaya diri siswa kursus untuk mencoba membuat cake dirumahnya masing-masing. Sedemikian rupa sehingga  dengan senang hati saya menjawab setiap pertanyaan yang sangat dasar sekalipun. Kelas Cake Dasar adalah kelas yang penuh dengan semangat segar.

Apakah semua kue dibuat Ibu? Iya dong, semua kue akan dibuat. Enam macam lho. Koq bisa sih selesai dalam waktu kurang dari lima jam? Tentu saja karena Natural Cooking Club (NCC) memiliki module yang sudah sangat mapan sehingga manajemen waktunya sudah dihitung tepat.

Kelas dimulai dengan teori bagaimana sukses membuat Cake. Mengenal bahan baku satu persatu. Mulai dari telur, berat telur yang tepat, jenis telur yang yang tepat dan lain-lain dibahas tuntas. Kemudian mengenal gula yang tepat. Mengenal tepung yang tepat. Mengenal bahan cair yang tepat dan mengenal Margarin dan Butter yang sesuai untuk sukses membuat cake. Dalam kesempatan ini siswa diajak berdiskusi untuk memodifikasi resep. Sehingga dari resep dasar yang diberikan akan bisa didapat banyak resep baru lainnya.

Peralatan yang benarpun diajarkan dalam kelas ini. Tidak bisa tinggi loyang digunakan sembarangan. “ingat tinggi adonan harus ¾ tinggi loyang”, demikian saya katakan. Sehingga tidak boleh Lapis Surabaya dibuat pada loyang tinggi 8cm misalnya. Pasti jadinya tidak akan sempurna. Adonan cake harus diberi ruang untuk mengembang, akan tetapi juga ruang tersebut harus cukup untuk panas oven bergerak mematangkan cake.

Saat didemokan membuat cake sesuai urutan resep, adalah saat memberi pembuktian pada teori yang diajarkan. Adonan sponge cake harus sampai kental, adonan Butter cake harus sampai pucat, sementara adonan cinnamon cake terlihat lebih encer. Ketiganya akan menghasilkan cake dengan citarasa dan tekstur yang berbeda. Akan hal-nya cake yang menggunakan banyak telur, tanpa obat, seperti apa adonannya? Semua didemokan cara benar membuatnya.

Alhamdulillah kelas penuh pengetahuan dan semangat ini selesai tepat pukul 14.30. Hasil cake yang dibuat dibagi rata. Semua siswa tampak puas. “Terimakasih ibu, saya mengerti sekarang mengapa kue saya gagal terus”, demikian kata salah satu siswa. Semoga semua ilmu pengetahuan cake dasar ini bermanfaat, dan sukses untuk kita semua.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    nazwa
    April 9, 2018

    Ada nggak kursus didaerah Rembang Jawa Tengah

Leave a Comment