Reportase Kursus: Cake bantat dengan sensasi berbeda

Brownies!, Cake bantat dengan sensasi yang berbeda dengan cake-cake lainnnya. Cara membuatnyapun cenderung lebih mudah. Brownies sangat mudah dibuat bahkan untuk level pemula, bahkan membuatnyapun tidak perlu  memerlukan mixer yang canggih.

Selain rasa coklat yang dicari, penggemar brownies  menyukai testur ‘fudgy’ karena menambah kelezatannya. Apasih tekstur fudgy? tekstur ‘fudgy’ adalah perpaduan renyah dan mengkilat (shiny crust ) pada permukaan brownies dan lembut basah tekstur didalamnya.

Di dalam kursus Natural cooking club (NCC), diajarkan membuat brownies yang enak dengan ‘Shiny crust’ diatasnya. “gulanya  harus tercampur sempurna dengan telur ya, sebelum terigunya masuk,” kata Ibu Fatmah Bahalwan. Kunci sukses membuat brownies adalah pada pengadukan gula pasir yang harus benar-benar larut di dalam adonan telur, supaya pada saat memanggang terkaramelisasi. Karamelisasi terbentuk di permukaan brownies karena suhu tinggi pada saat pemanggangan.

Dalam pembuatannya dapat hanya menggukan whisk atau spatula saja untuk proses pengadukannya. Menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi akan membuat brownies menjadi seperti cake, karena dapat mengikat terlalu banyak udara. Gunakan dengan kecepatan paling rendah bila tetap ingin menggunakan mixer listrik, hanya sampai adonan tercampur.

Selain brownies dengan sensasi coklat, diajarkan pula brownies dengan rasa greentea dan brownies dengan campuran cream cheese.

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment