Reportase Kursus: Petanipun Semangat Belajar Membuat Mie

“Ibu, saya mau mendaftar kelas Mie, karena saya seorang petani”, demikian tulis seorang perempuan cantik melalui WhatApps. Dari profile picture-nya sempat saya tidak percaya bahwa dia seorang petani, karena parasnya yang cantik. Ibu Tani, dalam pikiran saya identik dengan penampilan yang lusuh tanpa kosmetik. Penasaran saya tunggu kedatangannya dikelas.

Benar saja, Harti, si ibu tani cantik ini langsung menyapa dengan riang saat memasuki kelas masak di Natural Cooking Club (NCC). “Aku aktifis NCC jadul lho bu..”, serunya sambil bersalaman dan cipika-cipiki. Dengan semangat diapun menunjukkan foto-foto “kebunnya” yang penuh dengan sayuran segar. Beberapa bouquet sayur segar juga dibawanya sebagai oleh-oleh. Sayapun baru paham, rupanya Harti adalah petani Hydrophonic. Sungguh luar biasa. “saya ingin memanfaatkan sebagian sayur produksi kebun untuk bisnis Mie”, begitu katanya dengan semangat.

Kelas Aneka Mie Populer hari itu merupakan kelas yang mengawali tahun 2018. Seperti kelas-kelas Mie terdahulu, dikelas kali inipun ada dua orang Bapak yang menjadi peserta kursus. Ada pak Rachmat dari Pakanbaru dan pak Wildan dari Jakarta. Bersama dengan ibu-ibu lainnya, kedua Bapak ini ikut tersemangati.

Dimulai dengan teori mengenal bahan baku yang cocok untuk membuat Mie, bahan cair yang diperlukan dan cara memodifikasi resep dasar menjadi beragam rasa Mie lainnya. Langsung kemudian didemokan memasak Topping Mie Ayam, Topping Mie Kangkung dan Soto Mie. Sengaja topping-topping ini dibuat diawal waktu, supaya saat Mie sudah jadi bisa siap langsung diolah.

Praktek membuat adonan Mie dilaksanakan bersama. Adonan Mie telur, Mie Hijau, Mie Orange dan Mie Air, masing-masing dibuat oleh para peserta kursus. Mie Telur didapat dari adonan tepung dengan telur saja, tanpa tambahan bahan cair lainnya. Sehingga didapat Mie dengan kekenyalan paling bagus dengan kandungan protein paling tinggi. Mie Hijau didapat dari adonan Mie yang dicampur dengan jus sayuran. Kali ini sayuran yang digunakan adalah daun Chaysim. Sementara Mie orange, didapat dari adonan Mie yang ditambah dengan Jus Wortel. Jadi Mie yang berwarna warni didapat asli dari jus sayuran. Tidak salah Harti memilih kelas ini untuk mengembangkan usaha sayuran Hydrophonicnya. Bila ingin membuat Mie merah kita bisa tambahkan Jus Beetroot atau jus buah naga merah, sementara Mie hitam bisa didapat dengan menambahkan tinta cumi. Banyak cara mendapatkan varian mie dengan tetap mengandalkan bahan-bahan natural.

Nah, sekarang sudah dimiliki aneka Mie, dan Aneka topping. Yuk, saatnya menyelesaikan pekerjaan membuat Mie ayam, Mie Kangkung dan soto Mie. Sayapun beraksi menjadi tukang mie. “siapa mau pesan”, sambil bersenda gurau ketiga masakan Mie siap dicicip. Bagaimana rasanya? Sangat enak dan layak untuk bisnis. Aha, tentu saja karena pada setiap resep yang diajarkan hanya digunakan Knorr Chicken Powder sebagai satu-satunya bumbu penguat rasanya.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment