Reportase Kursus: Chiffon PIE Tak Perlu Dipanggang

Kembali dikelas Aneka Pie di Natural Cooking Club yang sudah lama ditunggu-tunggu. Kelas kali ini siswanya berasal dari Sabang sampai Merauke, serasa dari seluruh negri berkumpul dikelas ini. Ada yang datang dari Papua, dari Kupang, dari Aceh, Medan, dan kota-kota sekitaran Jakarta. Selalu terjadi persatuan Indonesia melalui makanan.

Dikelas Aneka Pie diajarkan empat macam resep dengan empat macam varian kulitnya yang berbeda-beda. Ada resep yang menggunakan telur ada juga yang tidak. Ada yang dipanggang ada juga yang tidak. Paling unik adalah Pie yang tidak dipanggang. Bagaimana cara pematangannya?

Adalah Chiffon Pie, menggunakan kulit yang terbuat dari bahan biskuit sehingga cukup diadon dengan susu dan Blue Band Master Original. Dicetak dalam loyang pie bongkar pasang sedemikian rupa sehingga menempel kuat pada loyang. Cukup dibekukan didalam freezer terlebih dahulu untuk siap diberi isian.

Isian Chiffon Pie itu sendiri juga unik. Jenis pie yang harus dingin ini, menggunakan resep yang mirip dengan Pannacota atau Mousse. Perpaduan antara whipped Cream dan Gelatin Halal, menghasilkan tekstur yang sangat lembut, persis seperti lembutnya kain chiffon. Rasa jeruk yang kuat dari ekstrak buah lemon, menambah lezatnya Chiffon Pie. Lihat deh, saat dipotong, tekstur lembutnya langsung terlihat pada pandangan pertama.

Pie Susu, atau lebih sering dikenal dengan naman Egg Tart juga menjadi materi yang ditunggu-tunggu. “Tidak perlu antri di Bali lagi ya bu”, seru beberapa siswa yang kebetulan datang dari luar kota. Kulit Pie yang renyah dan enak sekali, berpadu dengan adonan susu kental manis dan kuning telur yang pas. Pie susu menjadi varian yang paling banyak dijadikan sebagai Pie untuk bisnis. Bahkan bisnis online yang membutuhkan handling tersendiri agar tidak hancur dijalan saat pengiriman, Pie Susu tetap tangguh.

Dua materi pie selanjutnya yang tak kalah menariknya adalah Fruit Pie dan Quiche Lorraine. Seperti apa tampilannya? Lihat deh pada deretan foto-foto terlampir.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment