Reportase Kursus: Ada Apa Di Kelas Cake Dasar NCC?

“Apa sih yang didapat dikelas Cake Dasar?”, demikian banyak pertanyaan dari para pendaftar kelas cake dasar Natural Cooking Club (NCC). Pertanyaan lain yang paling sering datang adalah “Praktek atau nggak?”. Demikian luar biasanya perhatian para pehobby baking kepada kelas pemula di Natural Cooking Club ini. Kelas yang sudah dimulai sejak berdirinya NCC ditahun 2005, hingga saat ini masih merupakan kelas yang paling banyak diminati. Untuk mengakomodir banyaknya pendaftar, NCC bahkan mengadakan rata-rata empat kali dalam sebulan. Dua kali di Markas NCC Matraman, dan masing-masing satu kali dikelas Toko Tyu Cake Cipinang dan Toko Jojo Bintaro. Alhamdulillah diempat kelas ini jumlah siswa kursusnya selalu stabil. Sungguh luar biasa.

Kelas Cake Dasar selalu dimulai dengan teori tentang bahan baku yang digunakan pada pembuatan resep. Mulai mengenal telur. Berat telur standar, berat kuning telur, berat putih telur, dan berat total rata-rata penggunaan telur pada resep. Demikian dijelaskan agar setiap siswa akan mengerti bila suatu saat ingin membuat cake menggunakan telur ayam kampung ataupun telur bebek, dapat langsung menyesuaikan apa yang harus dikerjakan. Dilanjutkan dengan penjelasan tentang jenis gula yang cocok digunakan pada cake secara panjang lebar. Demikian juga tepung terigu lengkap penjelasannya. Mulai apakah itu gluten tepung, mengapa harus memilih gluten tinggi, sedang ataupun rendah dan seterusnya. Hampir setiap siswa yang mengikuti kelas ini baru mengerti bahwa bahan baku sangat mempengaruhi hasil jadi kuenya.

Satu hal yang dijelaskan secara panjang lebar dan detil, adalah mengenal Blue Band Master Margarine. Dikatakan bahwa Blue Band Master adalah jenis Margarine Blue Band yang ukurannya besar. Mulai dari 2 kg, 5 kg dan 15 kg. Ada tiga macam varian Blue Band Master, yaitu Blue Band Master Original, Blue Band Master cake Margarine dan Blue Band Master Gold Margarine. Masing-masing varian Blue Band Master ini kemudian dijelaskan keistimewaannya. Setiap siswa menyimak dengan seksama, dengan sekali-kali bertanya hal-hal yang tidak dimengerti.

Mengenal alat menjadi pelajaran berikutnya. Loyang sesuai ukuran. Suhu oven yang tepat untuk masing-masing resep. Mikser yang sesuai peruntukkannya. Mengapa loyang harus dipoles. Mengapa harus dialasi baking paper, dan lain-lain membuat setiap siswa menjadi lebih cerdas dan mengerti bahwa tidak sembarang alat boleh digunakan pada setiap resep.

Setelah pelajaran teori yang memakan waktu sekitar satu jam, kelas dilanjutkan dengan demo membuat Sponge Cake. Kekentalan adonan sponge cake, menjadi fokus utama pembahasan. “Oh, pantesan kue saya selalu bantat, rupanya harus sekental itu”, seru beberapa peserta kursus. Dilanjutkan dengan membuat Butter Cake, Cinnamon Cake, dan Brownies kukus. Semua resep mewakili pembuktian dari teori-teori yang dijelaskan sebelumnya.

Diselingi terlebih dahulu dengan istirahat makan dan sholat, kelas kemudian dilanjutkan membuat Lapis surabaya dan Bolu Gulung, merupakan cake yang menggunakan banyak telur.

Bila semua teori dikerjakan dengan benar, maka cake yang dibuat akan sempurna, waktu yang digunakan sangat efektif, peralatanpun efisien dengan tidak harus memeras tenaga terlalu banyak. Siapa bilang membuat cake itu sulit? Coba deh, ikuti dan simak dengan tertib setiap detil pelajaran dikelas Cake Dasar NCC, siapapun pasti akan bisa membuat Cake. (fb)

 


Kursus NCC didukung penuh oleh 
blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment