Reportase Kursus: Bakso Kenyal Gurih Natural

“Saya mengikuti kelas ini dalam rangka persiapan masa pensiun”, demikian dikatakan oleh salah satu peserta kursus Bakso & Bakwan Malang di Natural Cooking Club (NCC) beberapa hari lalu. Mendengar ini pengajar dan seluruh peserta kursus hari itu semakin semangat. Entahlah bakal benar-benar menjadi pelaku bisnis Bakwan Malang ataupun tidak dimasa depan, tetapi siapapun harus selalu bersiap-siap menyongsong masa pensiun pegawai maupun masa depan mereka yang tak kenal pensiun.

Kelas Bakwan Malang ini diadakan rutin hampir setiap bulan. Kelas favorit banyak orang yang ingin bisa membuat bakso dengan bahan yang dipercaya natural dan jauh dari bahan kimia terlarang sebagaimana issue yang banyak beredar dipasaran. Ketakutan masyarakat akan beredarnya bakso berbahaya ini dikarenakan banyaknya berita di media kaca dan media lainnya yang memberikan hasil penelitian bahwa banyak bakso beredar dipasaran menggunakan formalin, borax, pengenyal berbahaya dan lain-lain yang dinyakatan oleh Badan negara yang berwenang menyatakan bahwa bakso itu berbahaya untuk konsumsi tubuh manusia.

Dikelas NCC, diajarkan membuat bakso asli dari daging sapi segar. Dikatakan juga untuk mendapatkan bakso sapi yang kenyal natural harus digunakan daging sapi paha dalam tanpa lemak. Semakin segar daging sapinya, akan menghasilkan bakso yang makin kenyal dan segar tanpa harus menggunakan bahan pengenyal kimia. Jangan heran bila disetiap tempat pemotongan hewan pasti ada tempat penggilingan daging bakso. Mengapa? Karena daging segar akan menghasilkan bakso kenyal alami. Nah, apabila ibu rumah tangga misalnya yang pergi kepasar dipagi hari pukul 05.00 subuh, kemudian baru sempat mengolahnya pada pukul 10.00, sehingga daging sudah layu. Maka bahan pengenyal alami yang diperlukan hanyalah garam kasar, dan Baking Powder saja sudah cukup. Harap diingat daging tidak perlu disimpan dalam lemari pendingin, dan jangan dicuci. Cukup dilap saja pakai serbet, sehingga daging tetap segar dan garing. Sebagai bahan penguat rasa cukup digunakan Knorr Chicken Powder atau Knorr Beef Powder yang terbuat dari bahan-bahan alami pula, sehingga bakso yang didapat tetap terjaga.

Selain dibuat Bakso Sapi, dalam kelas ini diajarkan dan dipraktekkan bersama membuat Bakso Goreng, Bakso Tahu, Siomay dan Pangsit Goreng. Semua kondimen itu merupakan sajian lengkap penuh gizi khas pada Bakwan Malang. Berbeda dengan Bakso khas Solo yang kondimen didalamnya cukup bakso sapi bersama mie dan soun. Demikian juga kuah bakso pada bakwan Malang sangat berbeda dengan bakso Solo. Bila Bakwan Malang berkuah bening gurih, Bakso solo berkuah keruh gurih. Masing-masing sajian bakso beda daerah ini memperkaya khasanah sajian bakso Nusantara. Untuk mendapat baik kuah Bakwan Malang maupun Bakso Solo yang sempurna, cukup menambahkan Knorr Chicken atau Beef Powder kedalam kaldu yang sudah disiapkan.

Jangan pernah takut menghadapi masa pensiun, karena Allah turunkan rejeki buat seluruh ummat manusia tanpa mengenal waktu dan usia. Semangatlah selalu, dan jangan pernah berhenti berusaha.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment