Reportase  Kursus: Siomay & Batagor, Bisnis Rumahan Paling Menarik

Mendengar kata siomay dan apalagi Batagor, seseorang pasti langsung ingat Bandung. Kota kembang yang sangat terkenal dengan ikon oleh-oleh Siomay & Batagor ini, membuat banyak orang ingin mengetahui cara sukses membuatnya. Bahkan lebih jauh lagi banyak orang yang ingin melakukan bisnisnya. Bisa dimengerti karena siomay & Batagor sudah menjadi makanan selingan yang bisa dinikmati kapan saja. Pagi, siang ataupun malam, siomay tetap menjadi pilihan makanan yang diminati banyak orang.

Natural Cooking Club (NCC) mengadakan kelasnya secara periodik setiap bulannya. Kali ini keluarga IKK-BPJS Ketenagakerjaan, semangat sekali mengikuti kelas. Sejak pukul 09.00 kelas sudah dimulai dengan riang gembira. Pelajaran dimulai dengan mengenal Ikan segar yang cocok digunakan untuk membuat Siomay. Dijelaskan bahwa meskipun bisa saja menggunakan jenis ikan apapun, tetapi daging ikan tengiri tetap menjadi pilihan utama. Karena ikan tengiri memiliki struktur tulang yang mudah dihandel. Ketika hendak membuat fillet ikan untuk diambil dagingnya saja, kita tidak direpotkan dengan jumlah duri atau sisik yang merepotkan sebagaimana pada ikan bandeng dan lainnya. Demikian juga tekstur daging ikan tengiri relatif lebih kenyal dan tidak terlalu lembek. Sangat cocok dijadikan bahan baku Siomay & Batagor.

Peserta kursus diajak untuk ikut praktek membuat adonan. Masing-masing bekerja kelompok agar saling mengoreksi kelengkapan bahan baku. “Labu siam parut yang digunakan cukup ditiriskan saja ya, tidak boleh diperas”, Fatmah Bahalwan, yang saat itu menjadi instruktur mengingatkan sambil berkeliling mengawasi kerja para siswa kursus. Setelah adonan siomay selesai dibuat, giliran mereka mencetak bentuk-bentuk Siomay. Ada Siomay yang menggunakan kulit pangsit, siomay tahu, siomay pare siomay telur dan Siomay Kol. Semua dibuat dengan teliti untuk mendapatkan bentuk siomay yang sempurna.

Akan hal-nya Batagor. Adonan yang sama ditempelkan pada tahu putih besar yang dipotong diagonal. Sisi miringnya kemudian harus dikerat-kerat dengan garpu, supaya adonan ikan dapat menempel kuat dan tidak lepas saat digoreng.

Siomay & Batagor akan terasa enak, bila bumbu kacang-nya juga enak. Nah, apa rahasia kelezatan Bumbu Kacang yang dibuat. Sudah pasti karena menggunakan Knorr Chicken Powder sebagai bahan penguat rasa yang sudah dipercaya selama ini oleh NCC .(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment