Reportase Kursus: Siomay Bandung Dan Batagor, Varian Menu Lebaran Tahun Ini

Awalnya kami tidak yakin apakah dibulan Ramadhan kursus masak bakal dipenuhi para pehobby masak. Mengingat dibulan puasa ini godaan sangat tinggi bila sambil memasak hidangan lezat. Tetapi rupanya semangat untuk menyajikan makanan populer kota Bandung ini tetap menjadi magnit kuat untuk beberapa orang yang ingin dapat menyajikannya dihari lebaran maupun untuk pilihan bisnis makanan lebaran dan hari-hari lainnya. Bahkan Raphael, yang sebelumnya sudah mengikuti kelas Bakwan Malang, ikut lagi dikelas ini dengan gembira. Siswa kelas X  sebuah sekolah di Jakarta ini memanfaatkan liburan untuk belajar memasak di Natural Cooking Club (NCC).

Kelaspun dimulai dengan teori sukses membuat Siomay Bandung. Bagaimana memilih ikan segar. Bagaimana mengambil daging ikan dengan baik agar duri dan kulit ikan tidak ikut terbawa. Berapa banyak jumlah ikan yang susut karena tidak digunakannya tulang, kulit, kepala dan sirip ikan. Dan pengetahuan dasar lainnya dibahas diawal waktu. Selanjutnya dibahas resep membuat bumbu kacang untuk Siomay dan juga untuk Batagor. “wah, saya baru tahu kalau ada bahan khusus supaya bumbu tetap krimi tapi ada tekstur renyah kacang tanah”, kata Ibu Teta dan peserta lainnya yang hampir semua belum pernah tahu.

Bumbu Kacang menjadi resep pertama yang dipraktekkan. Dengan demikian ketika Siomay & Batagor siap matang, bumbu sudah cukup hangat.

Okay, saatnya praktek membuat adonan Siomay & Batagor. “saya perlu tiga orang untuk membuat adonan, siapa yang mau?”, serentak tiga orang angkat tangan, siap mengaduk adonan ikan.

“Nah, perhatikan saya baik-baik ya!”, pinta Fatmah Bahalwan yang saat itu menjadi instruktur memberi contoh untuk kemudian dapat ditiru lakukan kembali dengan cara persis sama untuk mendapatkan Siomay & Batagor yang lembut, kenyal dan enak. Sebelum mengaduk adonan harus dipastikan terlebih dahulu semua bahan dan bumbu sudah siap tersedia sesuai takaran dalam resep. Bawang merah, bawang putih, garam, lada halus dan Knorr Chicken Powder yang akan memastikan kelezatan rasa produk Siomay & Batagor yang dibuat.

Tiga adonan untuk membuat beragam model siomay. Adalah siomay pangsit, siomay pare, siomay telur, siomay tahu dan juga siomay kentang. Sedang Batagor dibuat menjadi dua model yaitu Batagor dengan tahu yang dipotong segitiga dan batagor dengan kulit pangsit. Jadinya bagaimana? “sungguh ini siomay paling enak yang pernah saya coba”, begitu kata para siswa yang kebetulan tidak berpuasa dan bertugas mencicip.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment