Reportase Kursus: Tetap Cantik Dihias Butter Cream Ataupun Fondant

Fondant dan Butter Cream adalah dua bahan yang paling sering digunakan untuk menghias kue. Dalam hal ini saya ingin bercerita tentang cup cake. Adalah kelas crazy cupcake yang menjadi kelas terpilih sebagai kelas paling stabil populer sejak pertama diadakan ditahun 2005 hingga sekarang. Menggunakan kedua bahan populer tersebut sebagai penghias yang layak dimakan dan dinikmati kelezatannya.

Dalam kelas crazy cupcake, siswa diajarkan pertama kali membuat dua macam cupcake, yaitu Vanilla cupcake dan Chocolate cupcake. Karena bagaimanapun cantiknya tampilan cupcake, menjadi kurang bernilai bila rasa cake-nya kurang sempurna. Tentu saja dalam hal ini Blue Band master Cake Margarine menjadi kunci utama mendapatkan rasa dan tekstur cupcake yang lembut enak. Vanilla cupcake mewakili jenis cupcake dipanggang sedangkan chocolate cupcake mewakili jenis cupcake yang dimatangkan dengan cara dikukus.

Kelas kemudian siap-siap praktek menghias cupcake. Bahan fondant segera disiapkan. Setiap peserta kursus praktek masing-masing membuat hiasan cupcakenya. Dimulai dengan membuat aneka jamur-jamuran lucu. Hiasan termudah yang mulai memeriahkan kelas. Disusul dengan membuat Tas mungil. Seru sekali para siswa mencoba memilin fondant untuk dibentuk menjadi tali tas dan gantungannya. “Bila kesulitan membuat tali-tali dari fondant, maka anda berbakat membeli alat!”, gurau Fatmah Bahalwan menimpali keluhan siswa yang berlatih membuat tali-tali.

Model ketiga adalah membuat bunga mawar. Cupcake berhias bunga mawar ini merupakan cupcake termahal harganya. Karena paling banyak digunakan sebagai sajian Wedding Cupcake.

Setelah selesai menghias tiga cupcake dengan fondant, mulai kembali kelas konsentrasi menggunakan butter cream untuk menghias cupcake tiga buah lagi. Fatmah serentak mendemokan ketiga model cupcake berikutnya, yang langsung diikuti oleh seluruh peserta kursus. Model rumput-rumputan dan bunga kecil menggunakan spuit no.233. model swirl menggunakan spuit no.1M dan satu lagi menggunakan spuit no.16.Ketiga cupcake ini selesai dengan cepat. Maka siswa diajak berpikir mengapa cupcake berhias fondant harganya relatif lebih mahal dibanding cupcake butter cream. Dari cara menghiasnya saja bisa diketahui mengapa beda. Selesai kelas dan lanjut dengan foto-foto.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment