Reportase Kursus: Rainbow, Ombre dan Jar Cakes

Salah satu cake modern yang menjadi tren di dunia kuliner dalam beberapa tahun belakangan ini adalah Rainbow Cake. Kue yang terdiri dari 6 layer cake tipis berwarna-warni ini tampak sangat cantik dibuat bersusun. Warnanya yang indah dan beragam seperti pelangi, demikian julukannya. Selain Rainbow Cake, adalagi Ombre Cake dan Jar Cake. Jar Cake ini sangat digemari sebagai goodie bag atau souvenir ulang tahun anak anak atau acara syukuran lainnya.

Kursus NCC dengan materi Rainbow Cake dan lainnya ini diadakan di Toko Jojo Bintaro, diawali dengan penjelasan rainbow-4mengenai asal usul, jenis cake dan frosting-nya. Setelah itu dilakukan demo untuk eksekusi resep yang telah dibagikan, semua cake yang dibuat saat kursus menggunakan margarine Blue Band Master.

Resep pertama membuat sponge cake  untuk Rainbow cake, adonan kemudian dibagi-bagi sesuai warnanya, dilakukan pewarnaan, tuang adonan ke Loyang dan siap untuk dioven.

Tips utama dalam sesi ini adalah agar adonan sponge tidak turun setelah pewarnaan.  “Ooooooo….begitu…pantesan”, itulah yang keluar dari mulut peserta. Banyak peserta baru menyadari kalo kegagalan mereka selama ini mengabaikan hal kecil ini. Aroma margarine yang harum khas blue band yang sudah dikenal sejak dulu memenuhi ruang kursus saat cake yang sudah matang dikeluarkan dari oven. “hmm harum ya…” komentar para peserta.

Selanjutnya sesi menyusun tiap layer cake…untuk rainbow cake, jangan salah ya posisi warnanya…dari layer terbawah adalah sebagai berikut ungu, biru, hijau, kuning, orange dan merah. Tiap layer di beri cheese frosting yang yummy, dan terakhir menghias cake dengan menggunakan butter cream.

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Inilah para pemenang kuis Blue Band Master edisi Mei 2016,

Crop-Win-Kuis-Mei 2016

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment