Reportase Kursus: Banana Cotton Cake Persis Pisang Betulan

Dari namanya sudah dapat ditebak kalau kue ini bakal berasa pisang dan menggunakan pisang. Tapi berbentuk persis seperti pisang pasti tak seorangpun membayangkan sebelumnya. Kue pisang kali ini, selain menggunakan pisang didalam bahan bakunya, sehingga rasa pisang natural dilidah sangat terasa, bentuknya pun persis pisang. Tekstur kuenya sangat lembut seperti cotton. Sungguh perpaduan yang luar biasa.

Kursus dimulai pada tepat pukul 10.00 pagi, dengan pelajaran pertama menghaluskan pisang. Peserta kursus bekerja berkelompok. Ada tiga kelompok yang masing-masing bertanggung jawab pada resepnya. Karena pembuatan Banana cotton cake ini tidak akan dapat dikuasai tanpa praktek langsung.

Adonan pisang berupa paste setelah dicampur dengan tepung dan bahan lainnya. Sebagaimana cotton cake pada umumnya, dibuat juga adonan putih telur kaku. “perhatikan, putih telur harus dikocok kaku tapi tidak boleh sampai crack atau pecah terlalu kaku”, pesan Fatmah Bahalwan yang saat itu menjadi isntruktur. Soft peak istilah yang sudah dihafal oleh para peserta kursus  saat mengocok putih telur kemudian menjadi perhatian penting. Karena ini merupakan kunci utama untuk mendapatkan banana cotton cake yang lembut teksturnya tapi tetap kokoh. Penggunaan Blue Band Master Cake Margarine pada adonan pisang sangat berpengaruh untuk mendapatkan hasil akhir seperti yang direncanakan.

Setelah proses pemanggangan selesai, didapat kue pisang yang siap dihias dengan cokelat khusus untuk kue pisang ini. Sehingga penampilannya menjadi persis seperti pisang. Tak lama kemudian terpampang beragam pisang dengan tiga ukuran, small, medium, large.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment