Reportase Kursus: Kenali Ukuran Telur Dengan Baik

Hampir setiap Cake jenis apapun pasti menggunakan Telur sebagai salah satu bahan bakunya. Nah, telur seperti apa yang paling pas digunakan untuk sukses membuat cake? Pada kelas cake dasar Natural Cooking Club (NCC), dibahas dengan tuntas.

Telur yang paling baik digunakan pada pembuatan cake adalah telur yang berasal dari ayam. Lho, apa maksudnya? Maksudnya adalah bukan telur yang berasal dari kulkas. Jadi lebih segar telurnya, lebih bagus hasil cake-nya. Bila sudah terlanjur menyimpan telur dalam kulkas, maka keluarkan dahulu kesuhu ruang selama kurang lebih 30 menit untuk siap digunakan.

Ukuran telur yang tidak seragam sering membuat kita bingung menentukan berapa banyak jumlah telur yang benar. Apalagi bila menggunakan telur ayam kampung, atau telur bebek misalnya. Apakah jumlah telur pada resep berlaku standard. Tentu saja tidak. Standard ukuran telur yang biasa digunakan adalah, 50 gram untuk setiap telur tanpa kulit. Dari lima puluh gram tersebut, 20 gram adalah berat kuning telur dan 30 gram adalah berat putih telurnya.

Selain mengenal standard ukuran telur masih banyak sekali pelajaran yang diberikan pada kelas Cake Dasar NCC. Mengenal jenis tepung, mengenal Margarine yang paling bagus, dan mengenal bahan baku lainnya. Diberikan pejelasannya sangat detil sehingga setiap siswa kursus dapat menangkap pelajaran dengan mudah.

Sponge cake menjadi cake pertama yang dibuat. Menyusul kemudian butter cake dan cake irit telur. Selesai membuat ketiga cake ini, siswa diajak mengerti bagaimana cara memodifikasi resep. Dari resep dasar ternyata bisa menjadi beragam resep lainnya dengan mudah. Sehingga ketika seseorang menguasai ketiga resep dasar tersebut, diharapkan diapun akan bisa membuat cake lain dengan rasa yang beragam.

Selanjutnya didemokan membuat cake dengan banyak telur. Lapis surabaya dan Bolu Gulung menjadi juaranya, sebelum kemudian Brownies Kukus menjadi resep cake yang dimatangkan dengan cara dikukus.

Total cake yang dibuat ada enam macam. Alhamdulillah semua jadi bagus, mengembang, empuk dan lembab. Semua ini didapat karena Blue Band Master cake Margarine dipastikan menjadi salah satu bahan bakunya.

Nah, selesai kelas terlihat wajah puas para peserta kursus. Semangatnya adalah “besok harus praktek!”.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment