Reportase Kursus: Batik Indonesia dalam Bolu Gulung

Batik adalah Indonesia, maka bicara tentang batik sama dengan bicara tentang Indonesia. Kami bangga dengannya. Berhubung kami tukang kue, maka kamipun dengan bangga memadukan batik dengan kue. Jadilah Indonesian Batik Roll Cake. Rasa cinta kami, para tukang kue, pada negri tercurahkan dalam bolu gulung dengan motif batik.

Indonesian Batik Roll Cake Class, merupakan salah satu kelas yang sangat digemari di Natural Cooking Club (NCC). Kelas yang berlangsung Hands On (praktek masing-masing) mengajak setiap peserta kursus membatik persis seperti para pembatik di Solo, Jogja, Pekalongan dan daerah lain diseluruh Indonesia. Karena motif batik yang disiapkan untuk dibuat oleh peserta kursus sangat beragam. Bila motif batik pada kain dikerjakan dengan bahan ‘malam’, kali ini menggambar batik dikerjakan menggunakan adonan. Sangat menyenangkan.

Kelas menjadi hening beberapa saat ketika para peserta kursus konsentrasi menggambar batiknya. Warna-warni adonan yang digunakan mulai keluar dari pakem batik sesungguhnya. Hal ini sangat dibolehkan agar batik pada bolu gulung nantinya keluar lebih cerah. Mulai dari outline gambar batik, hingga mengisi motif-motifnya dikerjakan dengan teliti. Makin rapi membatik, makin cantik bolu gulung yang dihasilkan.

Motif batik kemudian berpindah keloyang-loyang yang sudah disiapkan. Wah, seru sekali para peserta saling memuji cantik batik teman-temannya.

Proses selanjutnya adalah melapis batik dengan adonan bolu gulung yang dibuat kemudian. Dibutuhkan duapuluh menit saja untuk mematangkannya dan, voilaa… Bolu Gulung Batik berjajar persis seperti kain batik yang digulung berjajar rapi.

Bolu gulung dengan rasa manis gurih dan lembut ini menggunakan Blue Band Master Gold Margarine sebagai salah satu bahan bakunya. Jangan heran bila kemudian dihasilkan tekstur dan aroma yang luar biasa. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment