Reportase Kursus: Mulailah Dari Cake Dasar

Pernah mengalami mengocok putih telur tapi tidak mau mengembang kaku? Atau malah sebaliknya, sudah jadi kaku sekali tapi sulit dicampur dengan adonan lainnya? Nah, salah satu hal dasar yang dibahas pada kelas Cake Dasar di Natural Cooking Club (NCC) adalah mengenai hal ini. Bahwa putih telur adalah salah satu bahan penentu sukses membuat Cake yang paling “kemayu”. Harus bersih. Tidak boleh ada satu tetespun kuning telur, atau satu tetespun air, atapun satu tetespun minyak. Wadahnya harus bersih dan alat pengocoknya juga harus bersih dan kering. Barulah putih telur mau mengembang saat dikocok.

Demikian juga, mengocok putih telur harus diteliti dengan baik. Hasil kocokan harus sampai berbusa kaku, tapi tidak boleh sampai “crack” (sangat kaku) yang akan menjadikannya sulit diaduk dengan adonan lainya. Waaahhh, demikian penting rupanya memahami sifat dan perlakuan terhadap putih telur ini.

Materi yang diadakan setiap bulan di NCC ini selalu seru dan banyak penggemarnya. Karena siapapun merasa penting mengetahui ilmu dasar membuat cake. Mengingat rahasia sukses membuat cake dari dasar dibahas lengkap pada kelas ini.

Sponge Cake, Butter Cake, Cake irit telur, Cake banyak telur, Cake dipanggang dan cake dikukus semua dipraktekkan. Total ada enam resep yang dikerjalan dalam waktu kurang dari lima jam. Wah, benarkah bisa dikerjakan semua? Iya benar semua resep dibuat. Mengapa bisa demikian? Karena kami mengatur waktu pekerjaannya dengan seksama. Proses membuat kue dibagi menjadi tiga bagian yaitu :

  1. Pekerjaan persiapan: yaitu menimbang bahan, menyiapkan loyang, menghitung jumlah telur dan lain-lain. Sudah dikerjakan terlebih dahulu, sehingga dapat memangkas waktu lebih dari satu jam.
  2. Processing : yaitu memulai mengocok telur dan gula dan pekerjaan lain yang merupakan proses membuat kuenya itu sendiri. Dikerjakan langsung didepan peserta kursus.
  3. Cleaning : yaitu membersihkan alat yang dpakai. Seperti mikser, loyang, baskom, dan lain-lain. Didelegasikan pada tim dapur NCC.

Ketiga pekerjaan ini diatur sedemikian rupa sehingga dalam waktu singkat, semua resep dapat dikerjaan secara benar dan jelas.

Semua cake menjadi bagus karena kami memperhatikan empat hal. Yaitu resep yang benar, bahan yang bagus, alat yang sesuai dan ahli yang membuatnya. Jadi, pilihan untuk belajar langsung saat kursus adalah pilihan yang paling tepat. Karena resep mudah didapat, bahan mudah didapat, alat juga mudah dibeli. Tapi untuk menjadi ahli, anda harus terjun langsung melihat dan mengerjakanya sendiri.

Sudah pasti kamipun didukung oleh bahan yang bagus dan tepat pilihan, apalagi bila bukan Blue Band Master Cake Margarine. Menghasilkan cake yang empuk, harum dan mewah.

Nah, siapapun yang ingin ahli membuat cake, ayo mulailah dari kelas Cake Dasar.(fb).

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment