Reportase Kursus: Cukup ke NCC saja untuk mendapatkan Siomay Bandung dan Batagor

Batagor, alias bakso tahu goreng, begitu disebut namanya saja orang sudah langsung ingat kota Bandung. Karena salah satu oleh-oleh wajib jika berkunjung ke bandung adalah Batagor. Beberapa brand populer Batagor Bandung membuat siapapun penasaran ingin bisa membuatnya sendiri.

Natural Cooking Club (NCC) memiliki kelas khusus Siomay Bandung dan Batagor. Dimana didalam kelas ini juga diajarkan lengkap dengan membuat bumbu kacangnya yang unik dengan rahasia cara mendatangkan rasa yang sangat enak dan tekstur yang creamy.

Kelas yang banyak diikuti oleh calon pengusaha siomay dan batagor ini selalu digemari banyak peserta kursus. Bahkan beberapa peserta khusus datang datang dari luar kota dan luar negri. Bisa dimaklumi, ketika berada jauh diluar negri pasti akan sangat rindu pada makanan ini. Siomay dan Batagor, merupakan “cemilan” yang tak kenal waktu makan. Bukan lagi menu makan pagi, makan siang ataupun makan malam. Tapi menjadi makanan selingan yang disuka banyak orang kapan saja. Diantara pagi dan siang ataupun diantara siang dan sore, bahkan malam sekalipun. Siomay sekarang juga menjadi sajian dengan antrian panjang pada pesta-pesta mewah sekalipun.

Kelas dimulai dengan pengetahuan cara memilih jenis ikan yang cocok digunakan untuk membuat siomay dan batagor. Termasuk cara memilih ikan dan mengenali ikan yang baik. Dilanjutkan Pengetahuan tiap bahan baku yang digunakan .

Ketika membuat bumbu siomay yang enak dimulai. Terlihat para peserta kursus terkejut melihat bahan baku dan cara membuat yang simpel dengan hasil bumbu untuk hitungan 25 porsi. Wah, cepet kaya nih kita, celetuk salah satu peserta.

Menyusul kemudian adonan siomay dibuat dengan cara benar. “wow, ternyata tidak boleh diuleni terlalu kuat ya bu?” begitu tanya salah satu peserta kursus. Iya benar, cukup diaduk rata saja, siomay sudah boleh dibentuk.

Seluruh peserta kursus kemudian cuci tangan karena dimulai praktek masing-masing membuat siomay dan batagor. Ada siomay kulit, ada siomay tahu, siomay telur, siomay kentang, siomay pare, dan siomay kol, semua dibuat lengkap. Batagornya dibuat dua model, yaitu batagor dengan model tahu ukuran besar dan batagor yang menggunakan kulit pangsit. Nah lengkap sudah. Mari belajar cara menyajikannya. Pengajarpun action menjadi tukang siomay yang terampil memotong-motong dipiring dan menyiramnya dengan bumbu. Lengkapi dengan kecap dan jeruk limau ya!. Hmmm nyam, nyam.

Maka jadilah Siomay Bandung dan Batagor lengkap dengan bumbu lezaat karena digunakan Knorr Chicken Powder yang dapat meningkatkan kelezatan masakan kita. Bila tak sempat lagi ke Bandung, cukup ke NCC saja untuk bisa membuat siomay dan batagor sendiri. Sehinga kita dapat menikmati kelezatannya kapan saja. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

9 Comments

  • Reply
    Susan
    July 19, 2015

    Saya mau jd anggota NCC

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 22, 2015

      Silakan bergabung ke milis kami. Linknya ada di menu join us di atas ya. Selamat datang!

  • Reply
    January 13, 2016

    Wah ternyata ada Club belajar bikin batagor dan siomay ya. NCC pusatnya di Bandung? Kalo boleh tau biaya registrasinya berapa?

  • Reply
    Astria
    June 22, 2016

    Gimana ya ikutan kursus cara bwt siomay n batagor bandung? N biaya nya brpa? Makasih

  • Reply
    December 2, 2016

    dari gambarny saja sudah begitu enak keliatannya.

  • Reply
    January 30, 2018

    tertarik niy..sepertinya mudah dan enak hasilnya

  • Reply
    March 6, 2018

    jadi laper ngeliat fotonya…

Leave a Comment