Reportase Kursus: Crazy Cupcake

Salah satu materi kursus yang tak lekang oleh jalannya waktu sejak berdiri Natural Cooking Club (NCC), hingga sekarang adalah Crazy Cupcake. Sedemikian legendarisnya kursus ini sampai Peni Respati, pembuat logo peringatan ulang tahun satu dasawarsa NCC,  menjadikan cupcake sebagai salah satu icon didalamnya. Sungguh luar biasa.

Diakui kursus NCC yang satu ini memang sangat lengkap. Berisi bukan melulu membuat cupcake-nya, tapi juga lengkap dengan mendekorasinya. Nah, mendekorasinyapun sangat lengkap, tidak hanya menggunakan bahan butter cream, tapi lengkap dengan bahan fondant juga. Sehingga setiap peserta kursus dijamin akan sangat bisa membuat dan sekalgus menghias cupcake sendiri setelah mengikuti kursus ini.

Pertanyaannya adalah, apa sih cupcake itu? Inilah kemudian menjadi materi awal kelas ini. Dikenalkan beragam macam kemasan cupcake termasuk resep apa saja yang cocok digunakan untuk membuat cupcake. Ada bentuk bulat, persegi, paper cup tipis yang harus dibantu dengan cetakan muffin dan papercup kokoh yang dapat berdiri sendiri tanpa cetakan. Paper cup yang cocok untuk cupcake kukus dan papercup mana yang cocok untuk dipanggang. Semua dikenalkan secara gamblang, sehingga tak heran terdengar para peserta bergumam: “Oooh, pantesan cupcakenya bisa bersih tampilannya tanpa ada terlihat berminyak”.

Vanilla cupcake dan chocolate cupcake kemudian didemokan cara membuatnya. Demikian juga teknik memanggang dan mengukusnya secara benar. Tidak lama didapat cupcake yang siap dihias. Cupcake yang dibuat dengan Blue Band Master Cake Margarine ini, sangat wangi dengan tekstur yang lembut padat sangat enak. “Baiklah ibu-ibu, sekarang giliran semua harus cuci tangan!”, begitu perintah Fatmah Bahalwan yang saat itu menjadi instructur dikelas ini. Karena kelas akan dilanjutkan dengan praktek masing-masing menghias cupcake. Setiap peserta mendapatkan 6 buah cupcake yang terdiri dari 3 buah chocolate cupcake dan tiga buah vanilla cupcake.

Sesaat kelas menjadi hening, karena peserta mulai praktek menghias cupcake dengan bahan fondant. Bentuk jamur, bentuk tas mini, dan bentuk bunga mawar dikerjakan satu persatu dengan seksama. Amazing, jadinya bagus-bagus sekali, bahkan beberapa peserta mulai tidak percaya kalau dirinya bisa menghias cupcake secantik itu.

Setelah diselingi istirahat makan siang dan sholat, kelas dilanjutkan lagi dengan menghias tiga buah cupcake menggunakan bahan Buttercream. Aha, tiga cupcake kali ini dihias serentak. Langsung bisa diketahui mengapa cupcake fondant berharga jau lebih mahal dibanding cupcake butter cream. Karena memang pekerjaannya memerlukan waktu dan ketelitian yang berbeda. Suara kelas kali ini sedikit heboh, masing-masing peserta menganggumi karya sendiri dan karta teman-temannya. Yuuuk, difoto dulu cup cake-nyaaa!.

Harap maklum ya, sepulang dari sini pasti para peserta menjadi lebih getol menjadikan cupcake sebagai salah satu variasi bisnisnya. Are you ready to crazy by cupcake?!. (fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Inilah para pemenang kuis Blue Band Master edisi Juni 2015,

Selamat kepada para pemenang.

pemenang kuis-crop-4

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment