Reportase Kursus: Cheesecake dan Tiramisu

“Oooo begitu…” itulah kata2 yang serentak keluar dari mulut para peserta kursus ketika pengajar mendemokan perbedaan kocokan putih telur yang “soft peak” dengan “hard peak” pada kursus aneka cheese cakes dan tiramisu yang berlangsung di toko Jojo, Bintaro.

Membuat Japanese  Cheese Cake (JCC) yg lembut membutuhkan ketelitian dalam pengocokan putih telur, yaitu dengan konsistensi soft peak atau jambul petruk. Bila kocokan putih telur sudah mencapai hard peak hasil akhirnya akan menyusut.

Selain JCC, dibuat juga bolu keju (cheese butter cake) alias cheesecake a la Indonesia. Menggunakan Blue Band Master Gold Margarine membuat aroma cheese butter cake yg selesai dioven memenuhi ruang kursus, hmmm…wangi….

Cheesecake-resize-hasilKeseruan dan keceriaan terjadi saat masing-masing peserta meng “assembly” tiramisu, menyemprotkan cream sabayon dan sponge cake coklatnya.
Keseruan lainnya adalah saat para peserta menghias blueberry cheesecake miliknya yg telah matang….
“Jadi bila  bagian pinggir blueberry cheesecake sudah mengeras tapi bagian tengahnya masih sedikit melunak dan permukaannya sudah menguning keemasan itu sudah matang ..bisa dikeluarkan dari oven”. Demikian tips yang diberikan pengajar sebagai penutup kursus kali ini…

Seru kan…yuk ikutan kelas ini, agar bisa menyaingi bakery ternama dengan membuat cheese cake sendiri di rumah.

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment