English Fruitcake

Kali ini mari kita nikmati cake penuh buah-buahan kering ini tanpa alkohol. Hmm, memangnya enak ya? Weits, cobain deh. Kue yang asal muasalnya dari negeri Lady Di ini bukan cuma enak, tapi uenuaaaaak sekaliiiii..

English Fruitcake

By Fatmah Bahalwan

Bahan A:

100 gr manisan cherry merah, cincang kasar
100 gr manisan cherry hijau, cincang kasar
100 gr manisan kulit jeruk
100 gr Sultana, rendam sebentar di air panas, tiriskan
100 gr Kismis, rendam sebentar di air panas, tiriskan
100 gr Kacang mede panggang, cincang kasar
100 gr Kacang almond panggang, cincang kasar
100 gr sukade
25 gr tepung terigu

Bahan B:

150 gr mentega / margarin
100 gr gula pasir
3 btr telur
125 gr tepung terigu
1 sdt baking powder
2 sdt bumbu spekoek
1 sdt kayu manis bubuk

Cara membuatnya:

  1. Bahan A:
    Campur semua aneka buah dan kacang, taburi dengan 25 gr terigu, aduk dan awur-awur supaya butirannya memisah-misah. Sisihkan.
  2. Bahan B:
    Kocok mentega dan gula pasir hingga pucat dan mengembang, masukkan telur satu persatu sambil dikocok terus hingga rata.
  3. Masukkan tepung terigu, baking powder, bumbu spekoek dan kayu manis, aduk rata. Tuangkan campuran buah, aduk lagi hingga rata.
  4. Tuang adonan kedalam oyang ukuran 10x22x7 cm yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas. Panggang dalam oven suhu 180˚C selama 45-60 menit atau hinga matang.
  5. Angkat, dinginkan. Keluarkan dari loyang, simpan hingga saat disajikan. Hidangkan dengan taburan gula halus.

Catatan:

Fruit cake lebih lezat dinikmati setelah menginap.

 

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

23 Comments

  • Reply
    Amelia
    December 24, 2013

    Salam bu Fatma, saya mau tanya untuk menghasilkan fruit cake dengan warna yg brown seperti itu apa hanya dari bumbu spekuk saja ya, gulanya gak pake brown sugar atau gula palm ya? kalo gula pasirnya diganti dengan gula palm, takarannya berapa?
    Terimakasih ibu utk jawabannya.
    wassalam

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Ini tidak pakai gula palem, bu. Warna cokelat datang dari bumbu spikuk dan kayumanis bubuk. Gula pasir bisa diganti dengan gula palem sejumlah sama.

  • Reply
    Amelia
    December 27, 2013

    Ibu Fatma, kemaren saya sudah coba resep kue ini untuk “hantaran” keluarga suami yang merayakan natal. Alhamdulillah kuenya jadi dan rasanya enak sekali, saya suka wangi bumbu spikuk dan kayu manisnya. benar2 pas jadi hidangan pas natal, dan keluarga suami saya suka. cuma untuk kue saya kemaren itu kalo menurut saya terlalu manis ya, karena dari manisan buahnya saja sudah cukup manis, mungkin kedepan saya akan kurangi sedikit gulanya. terimakasih ibu fatma untuk resep-resepnya yang super lezat 🙂

  • Reply
    January 2, 2014

    Dear Bu Fatmah,

    Bolehkah mengganti manisan cerry dengan buah-buahan segar? Misalkan, anggur segar atau blackberries? Lalu, kalau tidak pakai baking powder gimana, Bu? Soalnya, saya ingin buatkan untuk anak saya yang masih bayi, Bu..

    Terima kasih yaaa, Bu Fatmah tercintaa 🙂

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 4, 2014

      Hallo Non, pada resep English Fruit manisan buah kering tidak bisa diganti dengan buah segar. Karena teksturnya dan tingkat kekeringannya sangat berbeda.
      Baking powder boleh saja diabaikan. Tapi untuk hasil.paling baik sebaiknya tetap dipakai krn pada resep ini penuh dengan bahan baku yg berat, baking powder diperlukan untuk memperingan tekstur cake.
      Btw kalau bayi dong jangan dikasih kue ini ntar kelelekan lho 😀

      • Reply
        January 6, 2014

        hihih. Siap, Buu 🙂
        Bayiku usia 15 bulan. Eh, udah bukan bayi yaa? 😀
        Makasih ya, Buu 🙂

  • Reply
    Chen
    January 19, 2014

    Bu saya coba kok jadinya kering ya….gak moist gitu…rasa sih enak..ato pengaruh isi, karena sy cuma pakai kismis, cerry hijau,merah, kacang almond dan hazelnut.. Saat kocok margarin (saya pakai Wysman), gula dan selanjutnya ditambah telor kok sepertinya margarinnya meleleh dan tidak bercampur dan baru nyampur setelah terigu dkk masuk…itu kenapa ya bu?
    Makasih sebelumnya….

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 23, 2014

      Fruit cake kering mungkin karena manisan yg digunakan dominan kacang-kacangan. Bila mixed fruit digunakan hasilnya bakal lebih basah. Cara lain adalah dengan merendam kismis dan manisan buah yg kering didalam simple syrup atau juice buah semalaman. Tetap semangat ya bu, dicoba lagi.

  • Reply
    anna purwita sari
    January 30, 2014

    Mlm bu mau tanya yg cake buah di ats..telur cm 3 sj bu?ap adonan cakenya bisa lembut bu?mksh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 1, 2014

      Fruitcake memang tidak lembut, tetapi justru padat karena banyak isi. Ya, telur cukup 3 saja.

  • Reply
    mama wina
    February 5, 2014

    saya sdh coba membuat dan sukses,kata suami saya enak banget kuenya,pdahal .. gak pake bumbu spekuk dan kayu manis bubuk krn gak punya hehehe..,mksh resepnya ya..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 6, 2014

      Alhamdulillah, senangnyaaa.. Semoga bermanfaat 🙂

  • Reply
    mama wina
    April 2, 2014

    bu,klo di panggangnya rame rame misal 6 atau 8 loyang sekaligus dlm oven yang guede gitu,brp derajat dn brp lama manggangnya ya bu?
    saya ada niat nih bu mau jualan kue..,hee..^_^

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 3, 2015

      Suhu oven sama, lama memanggang bisa sedikit lebih lama. Kenali oven masing-masing dan jaga tetap digunakan sesuai kapasitasnya. Sukses untukmu yaa..

  • Reply
    Bungi
    August 13, 2014

    Bu Fat yang baik,
    Kalau buah2an keringnya saya rendam di rum boleh tidak Bu.
    Kira2 merendamnya berapa lama ya Bu.

    Terima Kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      August 13, 2014

      Jika anda boleh mengkonsumsi rum, tentu boleh saja. Rendam hingga buah kering mengembang menyerap cairan rum. Sekitar 1-2 jam atau semalaman.

  • Reply
    Bungi
    September 22, 2014

    Bu Fat , saya sudah mencobanya Alhamdulillah … Cake ini memang enak sekali.
    Tapi Bu, apakah Cake ini memang agak kering ?, Karena Cake saya hasilnya banyak remah-remahnya kalau saya potong dan Cake nya terlihat kering tidak basah . Terima Kasih Bu Fat ..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 22, 2014

      Hallo Bungi, wah terimakasih ya sudah mencoba resep kami. Kue ini akan basah dan lembab bila semua buah kering direndam dulu dalam juice buah semalaman kemudian paginya ditiriskan. Resep aslinya buah kering direndam dalam Rhum atau Brandy tapi karena kami tidak minum alkohol maka juice buah dapat menggantikannya.

  • Reply
    Bungi
    September 24, 2014

    Dear Bu Fat yg baik, sy sudah mencoba kembali Cake ini dgn merendam semalaman buah keringnya dgn Rum . Hasilnya Alhamdulillah jd lebih basah . Tapj Cake ini klau dipotong.remahnya banyak sekali Bu Fat , sepertinya tidak padat Bu Fat. Sy sudah mencoba dr margarin ke mentega dgn harapan pakai margarin lebih bisa menjadi lbih padat. panas oven saya 170.. Mohon penjelesannya Bu Fat. Terima Kasih banyak Bu Fat

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 30, 2014

      Ibu Bungi, coba memotongnya dengan pisau yang tajam, sehingga buah-buahan terpotong rapi sempurna. Karena kandungan buah dalam kue ini sangat banyak, bahkan mungkin lebih banyak dari kuenya, hehhe, membuat kue ini relatif beremah bila buah tidak terpotong sempurna. Jangan lupa, potong kue setelah menginap semalam di kulkasa akan lebih baik.

  • Reply
    Amalia
    December 31, 2014

    Bu Fat, saya baru mau coba bikin fruitcake. Kalau memang mau kuenya agak basah, harus direndam dengan jus buah macam apa? yang kemasan? dan jus buah apa yang Bu Fat sarankan? hehe.. maaf banyak tanya. Terimakasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      January 3, 2015

      Ya, bisa jus buah dalam kemasan. Bisa orange juice, apple juice, grape juice. Bisa juga jus jeruk segar, beri sedikit madu untuk penguat rasa.

  • Reply
    rina
    January 8, 2017

    Assalamualaikum Bunda
    Hari ini saya coba bikin english fruit cake. Entah kenapa setiap saya memasukkan telur ke kocokan mentega kok tidak menyatu ya. Jadi malah jadi berair. Saya sudah kocok menteganya sampai creamy dan pucat. Kemudian saya masukkan satu telur. Saya kocok. Tapi kok malah berair. Tidak menyatu dengan mentega. Kenapa bunda?

Leave a Comment