Hollanda Klappertaart

Klappertaart gaya belanda ini sungguh juarrraa.. Lembut, gurih kenari dan kelapa, wangi kayu manis. Satu tak akan pernah cukup. Jika diinginkan topping yang lebih mumbul, buat double saja resep toppingnya, lalu semprotkan lebih tebal. Diganyem bareng teh anget sore-sore, mertua lewat gak pake nengok..

Hollanda Klappertaart

Bahan:

1 ltr susu segar
200 gr gula pasir
1/2 sdt garam
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
50 gr tepung custard
150 gr butter
6 btr kuning telur
4 btr kelapa muda, keruk dagingnya, potong-potong
100 gr kenari
1 sdm kayu manis bubuk

Topping:

12 butir putih telur
8 sdm gula pasir
4 sdm tepung terigu
kismis
kayu manis bubuk

Cara Membuat:

  1. Cairkan tepung terigu, tepung maizena dan tepung custard dengan susu secukupnya, sisihkan.
  2. Rebus sisa susu segar, gula pasir dan garam sampai mendidih.
  3. Masukkan larutan tepung kedalam susu sambil diaduk sampai mendidih.
  4. Masukkan butter, aduk rata. Masukkan kelapa muda, kayumanis bubuk, kenari cincang dan kuning telur.
  5. Masukkan ke dalam loyang sampai 1/2 tinggi loyang. Panggang dengan cara au bain marie sampai setengah matang.
  6. Kocok putih telur sampai berbusa, masukkan gula sedikit demi sedikit, kocok lagi sampai kaku. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  7. Semprotkan keatas adonan setengah matang, taburi kayu manis bubuk dan kismis. Panggang sampai kuning kecoklatan.

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Related Posts

Agar-Agar Karang

Pudding Lumut

Banana Cream Eclaire

Bapia isi Cokelat

31 Comments

  • Reply
    December 2, 2013

    Ini kue rasanya nikmat bangeet.

  • Reply
    lubnayya
    December 27, 2013

    Bu Fatma… Kuning telurnya dikocok dulu atau bgmn ?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 27, 2013

      Tidak perlu, langsung campurkan saja dan aduk rata.

  • Reply
    neni
    February 5, 2014

    Dear NCC, brp suhu oven saat memanggang? Dan brp menit waktu yg dibutuhkan utk memanggang? Terima kasih atas jawabannya 😉

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 5, 2014

      Lk 180 derajat celsius. Waktunya tergantung oven masing-masing, lk 30-45 menit, bisa bervariasi.

  • Reply
    desi
    February 16, 2014

    Dear bu Fatmah, saya sudah mencoba dan rasanya sungguh enak, terima kasih bu utk resepnya, tp ada pertanyaan, kenapa klapertart saya encer sekali ya bu? Tidak bisa beku dan dipotong, apa penyebabnya, dan bagaimana solusinya..apakah terlalu banyak kelapa bisa jd salah satu penyebabnya? Terima kasih bu fatmah..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      February 17, 2014

      Ini memang klappertaart jenis custard pudding, tidak bisa dipotong seperti klappertaart manado yg seperti pudding roti. Ini makannya disendoki. Jadi bukan encer, tapi kental.

  • Reply
    Cynthia
    February 25, 2014

    Mba Fatmah, kalau ngga pakai tepung custard bisa ngga ya? Atau bisa diganti dengan bahan lain? Soalnya ngga punya stock tepung custard nih di rmh..:)

  • Reply
    ade
    March 14, 2014

    Bu… knp kl sy bikin klapertar toppingnya selalu menciut ke tengah ya? Ga tertutup isian kalpertarnya, malah berair 🙁

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 20, 2014

      Kurang banyak menyemprotkan toppingnya, dan mungkin kurang rata juga. Topping memang akan sedikit menciut. Kalau sampai berair berarti topping kurang matang.

  • Reply
    Novi
    April 15, 2014

    kalo gak pake butter bisa gak??? apakah akan mempengaruhi rasa n tekstur?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 19, 2014

      Bisa saja. Pengaruh di rasa. Tekstur tidak terlalu.

  • Reply
    susy
    May 13, 2014

    Dear NCC, mo tanya agar klapetart bisa dilebih padat bahan apa yang harus ditambahkan?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 14, 2014

      Maizena, 1-3 sdt sesuai kepadatan yg diinginkan.

  • Reply
    Asti
    June 11, 2014

    Dear NCC,

    Sewaktu langkah ke 4, apakah api kompor dalam keadaan mati?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Betul, asti. Kompor dalam keadaan mati terbunuh.

  • Reply
    azzahra
    October 12, 2014

    Dear Bu Fatmah, biasanya untuk resep klappertaart pake butter jenis apa / merk apa bu??

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      October 12, 2014

      Merk apapun bisa digunakan, pakai merk favorit masing-masing, tidak ada kekhususan.

  • Reply
    November 11, 2014

    Bu alhamdulillah saya udah coba resep klapertaartnya. Uennakk pisan bu. Hatur nuhun resepnya. Nenek pas lagi di foto klappy nya, udah ribut duluan takut kehabisan sama yg lain… Adonannya saya bagi dua satu original dan satunya lagi saya tambahkan keju, dua-duanya yummmiii…

    Terima kasih ya bu. Lain waktu saya ingin coba resep yang lainnya…
    sukses selalu buat bu fatma dan ncc..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      November 15, 2014

      Alhamdulillah, aaah ikut senaang.. Barakallahu fiik 😘

  • Reply
    fauzia
    March 13, 2015

    dear ncc,
    kalau klappertartnya saya tambah dengan roti tawar agar lebih padat bisa tidak ya bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 19, 2015

      Bisa saja, bu. Jadinya klappertaart manado. Rotinya direndam susu dulu sebentar ya bu.

  • Reply
    April 20, 2015

    Dear ncc, 1 resep ini hasilnya bisa dapet berapa loyang (loyang alumunium foil yg difoto)?

  • Reply
    destia
    December 13, 2015

    Ass bu, kl d timnya ky gmn y bu? Ini resep alm teh Ruri y, main bnyk yg suka klappienya.. Smga jd pahala utk alm..

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      December 16, 2015

      Au bain marie maksudnya? Panggang sambil direndam air panas, bu. Masukkan loyang klappertart ke dalam loyang yang lebih besar, lalu isi loyang yang lebih besar itu dengan air panas. Panggang sesuai resep.

  • Reply
    iepiep
    January 19, 2016

    bu klo buat klaperttart ini pake oven tangkring bisa ga ya?

  • Reply
    henny
    February 22, 2016

    Assalamualaikum bu, suka deh dengan resep2nya, pengen ikut kursus nya tggu baby ku udah bisa ditinggal ~_~ masih lama..
    Bu mo tanya tepung custard itu apa ya bu? Merk nya kl disupermarket apa? Ini diaduk nya bisa pake kocokan telur aj atau harus dgn mixer?
    Makasih sblmnya ya bu.. Sukses trs buat NCC

  • Reply
    henny
    February 23, 2016

    Oh iya bu, kl topping nya pake choco chips bisa bu? Trs oven nya kan tidak besar bu ngantri jd nya untuk memanggang nya, didiamkan boleh ga Atau harus smua nya lgsg di masukin oven? Trimakasih sblm nya..

  • Reply
    donda
    June 23, 2016

    Dear ibu, saya baca di atas kalau tidak ada tepung custard, ganti dengan tepung maizena. Berarti tepung maizena nya ditambah 50 gram lg jd 100 gram tepung maizena kah? Terima kasih bu..

Leave a Comment