Reportase Kursus: Keuntungan Bisnis Roti Bisa Mencapai 200%

Apa sih bedanya roti dan donat?. Bila roti biasa dimatangkan dengan cara dipanggang dalam oven. Donat dimatangkan dengan cara digoreng. Nah, kalau dikukus jadinya apa? Bakpaow.

Kesimpulannya, semua adonan yang menggunakan ragi (yeast) adalah: Roti. Hanya cara pematangannya saja yang berbeda. Bila ada perbedaan resep diantaranya, itu merupakan modifikasi resep untuk mendapatkan rasa yang sesuai selera. Akan tetapi cara membuatnya selalu sama.

Bila dihitung secara akuntansi, membuat roti sungguh murah biaya bahannya. Bayangkan dengan 500gr tepung saja, kta bisa dapatkan minimal 25 buah roti @40gr. Coba bandingkan harga bahan baku dan harga jualnya secara umum!. Pasti  akan ditemukan angka yang sangat mencengangkan. Keuntungan bisnis roti sungguh luar biasa. 200% merupakan angka keuntungan yang masih bisa diterima oleh pasar. Apalagi bila kita dapat menemukan pasar yang tepat untuk roti-roti premium. Dengan sedikit modifikasi pada bentuk, rasa, dan kemasan, keuntungan yang didapat bisa berkali lipat.

Kursus Roti Manis & Donat di Natural Cooking Club (NCC), rutin diadakan setiap bulannya. Pada kelas ini diajarkan membuat roti manis dengan beragam isian yang mudah didapat dimanapun. Yaitu roti isi cokelat, roti isi keju, roti isi cokelat keju dan roti isi sosis. Keempatnya dibuat menjadi empat model juga. Setiap peserta praktek membuat model rotinya masing-masing.

Materi donat yang diajarkan adalah donat kentang. Ada donat kentang yang menggunakan kentang segar, dan satu lagi donat yang menggunakan Knorr Mashed Potato. Pengalaman membuat dua macam resep donat ini menjadikan para peserta dapat mengerti betapa simpelnya membuat donat dengan tepung kentang yang  tinggal seduh dan aduk, segera kita dapatkan puree kentang. Tak perlu repot merebus dan menghaluskan kentang lagi.

Setelah diselingi dengan istirahat makan siang dan sholat, roti yang sudah mengembangpun siap dipanggang dalam oven. Sementara itu, peserta sibuk menghias donat dengan cokelat dan topping donat lainnya.

Digunakan Blue Band Master cake Margarine pada pembuatan roti dan donat, membuat roti dan donat yang didapat sangat empuk, lembut, dan lembab. Sangat pas. Pak Iwan,  yang mengantar istrinya kursus ikut mencicipi. Komentarnya “wah, ini rotinya lembut dan enak sekali, seperti di bakery terkenal”. (fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

Kuis: 

  1. Berapa banyak donat didapat pada resep yang menggunakan 500gr tepung terigu?
  2. Bahan apa yang dapat menggantikan puree kentang?

Yuk ikutan kuisnya,  hadiahnya seru? ! 😀

Quiz Blue band master2

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment