Reportase Kursus: Butter Cake Alias Bolu Jadul

Dahulu yang namanya Bolu adalah cake satu-satunya yang dikenal dalam urusan per-kue-an. Tidak ada lain ya Butter Cake, alias bolu jadul (jaman dulu). Cake yang juga dkenal dengan nama Pound cake ini menjadi salah satu materi kelas Cake Dasar NCC (Natural Cooking Club).

Pada kelas cake Dasar dipelajari cara sukses membuat cake. Tidak hanya butter cake, tapi juga sponge cake, cake dengan sedikit telur, cake dengan banyak telur dan cake dikukus selain yang dipanggang. Peserta diajak untuk mengenali resep, tekstur dan cara membuatnya. Dengan demikian target kelas ini adalah agar setiap peserta  dapat mengenali jenis cake, tekstur cake dan cara memodifikasi resep dengan benar.

Pada resep Brownies kukus misalnya, yang merupakan jenis sponge cake yang dimatangkan dengan cara dikukus. Peserta diajak mengenali bahwa brownies kukus sama sekali tidak ada hubungannya dengan brownies panggang pada umumnya. “Jadi, apakah brownies kukus boleh dipanggang juga ibu?”, tanya seorang peserta kursus. Iya tentu saja bisa. Bila dipanggang teksturnya menjadi lebih ringan, dibandingkan bila dikukus. “Mana lebih enak?”, wah kalau enak itu soal selera.

Tidak heran, karena dinegri kita ini sejak dikenal brownies kukus, hampir semua cake kukus disebut brownies. Sebut saja brownies kukus keju, brownies kukus pandan, brownies kukus blueberry, dan jenis brownies kukus lainnya yang sama sekali tidak brown, tetap saja disebut brownies. Ini merupakan salah satu kecerdasan orang Indonesia menghadapi berkembangnya banyak resep populer.

Kelas menjadi lengkap setelah selesai dengan pelajaran teori, membuat sponge cake, butter cake, cake irit telur, dilanjutkan dengan demo cara membuat Lapis Surabaya dan bolu gulung. Dua jenis cake ini adalah merupakan cake yang menggunakan banyak telur. Masing-masing resep menggunakan 30 butir telur. Berani membuatnya? Jangan takut. Karena ada Blue Band Master Cake margarine, yang akan memastikan kue anda anti gagal. Ikuti semua step persis seperti yang didemokan, dan bahan-bahannya juga persis, insya Allah semua kue pasti akan jadi dengan baik.

Nah, setelah mengikuti kelas cake dasar. Jangankan Butter Cake, cake apa saja pasti akan bisa kita kerjakan dengan mudah.(fb)

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment