Cheesecake & Tiramisu, Dessert Mewah Anti Gagal

Biasanya para pemula sulit percaya jika dikatakan membuat cheesecake dan tiramisu itu mudah. Tidak ada kata gagal, resikonya hanya enak dan enak sekali 🙂

Kursus cheese cake dan tiramisu di Toko Jojo hari minggu lalu berlangsung seru dan penuh pengalaman baru. Peserta serentak menyerukan “Oooo…,” ketika Ibu Dewi Anwar menunjukan ciri softpeak dalam mengocok putih telur. Softpeak adalah tahap di mana putih telur kocok sudah kaku namun masih membentuk puncak lembut melengkung-lengkung dan terlihat shiny. Jika diteruskan mengocok, lama kelamaan adonan akan masuk ke tahap hard peak, di mana adonan kaku membentuk puncak-puncak runcing dan terlihat kering. Adonan putih telur yang softpeak akan lebih mudah dicampur dengan adonan keju, tekstur japanese cheesecake pun nantinya akan berpori kecil karena tidak kelebihan udara di dalam adonan.

“Ooooo…..”

CYMERA_20140420_190910

Bikin Blueberry Cheesecake jugakah? Iya doooonk.. Penganan wajib kafe ini terdiri dari 3 bagian: biscuit crust di dasar cake, lalu cheesecake, plus topping blueberry. Penggunaan kejunya memang buanyaaak, karena menggunakan resep klasik dan tidak diganti bahan-bahan artificial apapun. Nah, kelas ini biasanya kelas siksaan untuk penggemar blueberry cheesecake, karena blueberry cheesecake yang baru keluar dari oven harus masuk kulkas dulu minimal 3 jam sebelum benar-benar set dan bisa disantap. But totally worth it!

Dalam kelas ini dipelajari juga cara membuat classic cheesecake, yaitu buttercake Indonesia dengan banyak keju dan margarin, sehingga wanginya menggegerkan dapur tetangga. Apalagi margarinnya Blue Band Master Cake Margarine, hadududuu.. tangan susah direm supaya gak bolak-balik nyomot, bagaimana ini?

Membuat tiramisu adalah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh para peserta, karena masing-masing praktek menyusun lapis demi lapis tiramisu, diakhiri dengan taburan cokelat bubuk. Wooo, lapisan krim tiramisunya tebal-tebal dan royal yaaaa… Hmmm.. dolce vita!

CYMERA_20140420_191152

Untuk yang ingin menghadirkan cheesecake a la kafe dan bakery, baik untuk konsumsi di rumah atau untuk dijual, jangan ragu mengikuti kelas ini. Terutama para pemula yang masih belum percaya, bahwa bikin cheesecake dan tiramisu itu gampang!

Kursus ini didukung penuh oleh Blue Band Master Cake Margarine

About the author  ⁄ NCC Indonesia

2 Comments

  • Reply
    anne
    June 3, 2014

    bu, bisa berbagi resep cheese cake nya? terima kasih banyak…

Leave a Comment