Pukis Vanilla Menul

Jajanan diluaran semakin membuat para Ibu tidak tenang, karena banyaknya bahan ‘ajaib berbahaya’ digunakan. Yuk, kita  bikin pukis sendiri saja, terus main jual-jualan sama anak-anak dirumah. Pasti seru dan menyenangkan. Yang ini versi irit telur, ekonomis buat jualan beneran. Pukis, pukiiiissss!

Pukis Vanilla Menul

By Fatmah Bahalwan

Bahan A:

25 gr​ tepung terigu protein sedang
50 ml​ air
1 sdt​ ragi instan

Bahan B:

3 btr​ telur
200 gr​ gula pasir
1/2 sdt vanilla
250 gr​ tepung terigu protein sedang
300 ml​ santan sedang
50 ml​ minyak goreng
1 sdt​ garam

Cara membuatnya:

  1. Campur Bahan A, aduk rata, diamkan 15 menit.
  2. Di tempat lain, kocok telur, gula pasir dan vanilla hingga kental, masukkan adonan A, aduk rata.
  3. Masukkan juga bergantian tepung terigu dan santan yang telah diberi garam sambil diaduk hingga rata. Tuangkan minyak, aduk rata. Saring bila perlu. Diamkan selama 1 jam.
  4. Panaskan cetakan kue pukis, tuang adonan setengahnya saja. Biarkan hingga terlihat bersarang. Tutup. Matangkan. Angkat. (fb)

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

47 Comments

  • Reply
    erna
    March 9, 2014

    bunda, santan sedang maksudnya apa ya? mohon bantuannya

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 13, 2014

      Maksudnya kekentalannya sedang. Tidak encer dan tidak terlalu kental.

  • Reply
    liasari
    March 19, 2014

    Bu Fatmah, kocok telur sampai kental, apakah mengocok telurnya sampai jambul petruk? mohon penjelasannya,

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      March 21, 2014

      Pada resep ini tidak menggunakan cake emulsifier, sehingga kekentalannya tidak bisa mencapai jambul petruk. Kocok cukup sampai kental dan putih saja.

      • Reply
        nuri
        April 29, 2016

        bu , telurnya bisa diganti dengan telur bebek nggak ya?
        terimakasih

        • Reply
          NCC Indonesia Author
          May 11, 2016

          Bisa saja, asalkan berat totalnya sama. 1 telur ayam tanpa kulit kurang lebih beratnya 50 gram.

  • Reply
    March 24, 2014

    Ngocok nya pake apa bu?kalau gak ada mixer bisa nggak?

  • Reply
    April 3, 2014

    maaf bu, yang dipakai disini vanila powder atau yang seperti apa?mungkin ada merk yang bisa direkomendasikan, terimaksih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 10, 2014

      Vanilla pasta. Kami memakai merk Golden Brown.

  • Reply
    risa
    August 17, 2014

    kalau vanila pasta apakah bisa diganti perisa susu?
    terima kasih

  • Reply
    Florencia
    September 9, 2014

    Salam kenal bu fat
    Bu untuk resep kue pukis kalau pakai santan instant seperti Kara apa bisa bu? Dan apa santan nya hangat atau dingin tidak menjadi masalah ya bu?
    Makasih bu 😀

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 16, 2014

      Pada pembuatan kue pukis sangat boleh menggunakan santa instan seperti Kara yg dicampur dengan air fifty fifty. Tidak perlu dimasak bu karena santan Kara termasuk.ready to use tinggal tambah air minum saja.

    • Reply
      July 11, 2019

      Hasil nya enak bangettt

  • Reply
    edwin
    September 21, 2014

    Bu Fatmah
    untuk resep ini memang tidak menggunakan margarine atau butter dan susu ya?
    terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      September 22, 2014

      Hallo Edwin, betul untuk resep pukis ini memang versi ekonomis jadi bahannya sesuai resep tidak ada perubahan. Dicoba dulu deh ya. Semangat.

  • Reply
    edwin
    October 6, 2014

    Bu Fatmah
    alhamdulillah pukisnya sudah saya coba bikin rasanya tetep enak walau tanpa susu dan margarine… 🙂
    hanya adonan saya kok ga mau ngembang ketika didiamkan ya ibu?
    tapi pukis yang jadi tetep empuk, berongga dan menul.

    apa mungkin mengocok telur dan gulanya kurang lama ya?
    ketika masukkan bahan tepung dan santan saya tetap menggunakan mixer dengan kecepatan rendah (no 1) apakah itu penyebab adonan ga mengembang.

    terima kasih bu fatmah

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      July 23, 2015

      Adonan didiamkan untuk menghasilkan gelembung udara, bu, bukan supaya mengembang. Jadi pukis ibu sudah benar.

      • Reply
        rusdi
        March 12, 2016

        Jika supanya mengembang agar makin banyak jumlah pukis yang di hasilkan tapi rasanya tetap enak di tambah apa bu?

  • Reply
    March 31, 2015

    Assalamu’alaikum bu fatmah,

    mau tanya cetakan pukisnya kaya apa? hasilnya bagus banget.
    rapih n besar2.
    kalau tidak keberatan bisa lihat gambarnya bu?

    terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 11, 2015

      Cetakan pukis merk Signora bu. Bulat, dasarnya tebal. Mohon maaf kami tidak punya fotonya. Tapi ibu bisa googling dengan mudah.

  • Reply
    widi
    November 5, 2015

    Bu fatmah…sy punyanya cetakan yg buat bika ambon bulet lobangnya.bisa gak ya?

  • Reply
    agustinah
    March 30, 2016

    bu Fatmah,,

    terimakasih saya sudah mencoba semalam, paginya pun masih lembuut.
    lain kali mau coba santan kental semua biar guriiih.
    saya cetak di cetakan kue lumpur jadi 25 biji.
    sebagian adonan saya campur dengan bubuk green tea dan bubuk coklat,, mantap bu..
    terimakasih sharing nya bu 🙂

  • Reply
    April 6, 2016

    Mau tanya bu fatmah,

    Saya coba resepnya tapi krn adonan raginya sedikit gelembungnya maka saya tambahkan soda kue seujung sendok teh.
    Atau 1/8 sendok teh.

    Nah kok hasilnya sayabrasakan mirip raaa bika ambon, dan texturnya rapat tdk bolong2 Sarang tawon.

    Kenapa ya bu?

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 11, 2016

      Buat sesuai resep saja, jangan ditambahi atau dikurangi, in syaa Allah mirip jadinya.

  • Reply
    Rusdi
    April 29, 2016

    Bu fatmah, takaran 1 sdt fermipan itu, apa satu sendok teh muncung, satu sendok teh teres?

    Saya pake muncung kok bau ragibhasil kuenya

  • Reply
    Opie
    May 21, 2016

    Dear NCC, kl mau di tambahin susu resepnya jadi seperti apa bu?

  • Reply
    September 3, 2016

    Makasih resepnya bu…..saya sdh buat sesuai resep jd pukis menul2. Sebagian adonan sy tambah pasta pandan jadinya kue pukis hijau yg menul. Rsanya jg tambah lezat dan wangi.

  • Reply
    andy
    September 21, 2016

    Setelah membaca resep dari mbak, saya jadi tertarik jualan pukis mbak,…terima kasih ya mbak

  • Reply
    pita
    September 22, 2016

    Buk,, mau di tes neh pale santan hangat boleh

  • Reply
    Rani
    November 24, 2017

    Tahan brp hari bu??

  • Reply
    December 3, 2017

    Sangat Bermanfaat

  • Reply
    May 15, 2020

    Trims informasi resepnya

  • Reply
    August 28, 2021

    I all the time emailed this website post page to all my contacts, for the reason that if like to read it
    afterward my links will too.

  • Reply
    August 30, 2021

    Greetings! I know this is kinda off topic
    but I was wondering which blog platform are you using for this website?

    I’m getting fed up of WordPress because I’ve had problems with hackers
    and I’m looking at alternatives for another platform.
    I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

  • Reply
    September 1, 2021

    Have you ever considered about including a little bit more than just your articles?
    I mean, what you say is valuable and all. However think of if
    you added some great visuals or videos to give your posts more,
    “pop”! Your content is excellent but with images and clips, this website could definitely be one of the best in its
    field. Fantastic blog!

  • Reply
    September 1, 2021

    Hi there, I read your blogs on a regular basis.
    Your story-telling style is witty, keep it up!

  • Reply
    September 2, 2021

    I really like it when folks get together and share views.
    Great blog, keep it up!

  • Reply
    September 4, 2021

    A fascinating discussion is worth comment. I do believe that you ought to publish more about
    this issue, it may not be a taboo subject but generally people don’t speak about these topics.
    To the next! All the best!!

  • Reply
    September 6, 2021

    Having read this I believed it was rather informative. I appreciate you
    finding the time and effort to put this content together.
    I once again find myself spending a significant amount of time both reading and posting comments.
    But so what, it was still worth it!

  • Reply
    September 6, 2021

    Wonderful article! This is the type of information that should be shared around the
    internet. Shame on Google for now not positioning
    this post higher! Come on over and consult with my web site .
    Thank you =)

Leave a Comment to t.co