Kelas Cake Dasar: Jambul Petruk itu Penting!

“Gimana bikin cake biar ga bantet? Terus ngocok adonan harus berapa lama?” Pertanyaan-pertanyaan semacam ini nyaris selalu ada di kelas cake dasar. Hayuk, kita simak tips membuat cake yang cantik nan lezat dari kelas Cake Dasar hari Sabtu 15 Maret lalu, yang dipimpin oleh salah satu instruktur NCC, Gemi Miranti.

by Gemi Miranti

Selain resep yang sudah teruji, cara/teknik pembuatan yang benar, peralatan yang memadai, juga yang terpenting penggunaan bahan yang baik dan segar.

Pastikan menggunakan resep yang sudah teruji, apakah oleh tim dapur uji, teman-teman, maupun pihak lain yang sudah mencobanya dan berhasil. Teknik pembuatan yang benar, antara lain harus paham seperti apa bentuk adonan yang putih, kental berjejak, jika besi pengocok mikser diangkat dan dipegang menghadap ke atas, adonan akan melengkung membentuk jambul petruk. Jambul yang lain juga boleh sih, tapi jambul petruk kayaknya yang paling gegap gempita ya :D. Juga pahami dan kuasai teknik mengaduk yang benar, dengan teknik aduk balik atau putar searah. Jangan lupa peralatan juga harus memadai, gunakan alat yang berfungsi baik dan sesuai dengan jumlah adonan kue yang kita buat.

Terakhir adalah penggunaan bahan yang berkualitas. Telur yang segar, tepung bersih dan tidak apek, juga margarin yang berkualitas tinggi. Jika cake menggunakan margarin, selalu gunakan Blue Band Master Cake Margarine. Selain sudah dikenal sejak jaman dahulu kala, Blue Band Master Cake Margarine memiliki aroma yang khas juga rasanya lezat dan gurih. Hmm.. ngebayangin cake anget-anget wangi margarin.. *tuang teh ijo*

Eeh, di kursus ini kemarin dibuktikan, ada satu peserta yang rajin ikut kursus tapi selalu bantet bikin cake. Lalu kami beri tantangan membuat sponge cake tanpa dibantu, daaaaaan.. ketahuan deh penyebab bantetnya dimana. Sang peserta nan heboh ini pun lulus menjalani tantangan bikin sponge cake dan diwisuda beramai-ramai 🙂 Alhamdulillah..

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

9 Comments

  • Reply
    dewi
    April 4, 2014

    Dear NCC, sukses selalu….
    Kalau boleh tau apa penyebab bantetnya kue yg dialami salah seorang peserta tersebut? Mksh

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 10, 2014

      Telur dalam keadaan dingin, adonan telur belum cukup kental dan kokoh ketika pengocokan dihentikan, mengaduknya berantakan dan kuat-kuat, oven pun belum dipanaskan, oven sering dibuka ketika memanggang.

  • Reply
    ayu
    April 8, 2014

    kalo boleh tau letak kesalahany dimana y?karena kadang saya jg masih suka ada yg bantet,hehe..padahal dah jambul petruk..

  • Reply
    may
    April 11, 2014

    Bunda..
    Minta tolong dong..dibuatkan video bagaimana itu teknik aduk balik..versi you tube..soalnya saya belum paham betul..trinakasih

  • Reply
    Susan
    April 24, 2014

    Dear NCC,
    Bagaimana caranya saya bisa pesan buku resep cake and cookies anti gagal,snack manis dan gurih.Bisa nggak saya pesan buku2 ini dan dikirim ke belanda.
    Sebelumnya terima kasih salam saya
    Susan Gouka

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      April 29, 2014

      Halo Susan, wowww mau donk lihat taman bunga tulip, hihihi.. Silakan lihat prosedur pemesanan buku di menu buku di atas ya. In syaa Allah bisa kirim ke Belanda.

  • Reply
    Anne
    May 12, 2014

    Dear NCC, Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan adonan jambul petruk pada resep sponge cake 8 telur dengan menggunakan mixer KitchenAid Heavy Duty….dan bagaimana mengatasi adonan telur yg mencair lagi karna terlalu lama mengocoknya…..terima kasih

    • Reply
      NCC Indonesia Author
      May 14, 2014

      Kurang lebih 5-10 menit. Adonan telur yg mencair lagi segera digoreng saja jadi telur dadar manis 🙂

Leave a Comment