Semangat Di Kelas Cake Dasar

Sesungguhnya saya sangat terharu dengan kedatangan ibu-ibu yang penuh semangat datang untuk belajar membuat Cake Dasar. Bagaimana tidak, dihari-hari dengan suasana ketakutan pergi keluar rumah karena perkembangan COVID-19 atau corona virus, mereka tetap percaya diri dalam keadaan sehat dan penuh semangat untuk dating belajar.

Saya membuat kelas dihari Minggu, 15 Maret 2020 ini dengan mengajak semua peserta kursus untuk berdo’a agar musibah corona virus ini segera berlalu dan negri kita beserta seluruh dunia Kembali hidup normal tanpa kekhawatiran akan serangan virus corona dan penyakit mengerikan lainnya. Hari itu juga semua sepakat untuk jaga jarak satu sama lain dengan tidak berjabat tangan, tidak berpelukan, tidak cium pipi kiri kanan sebagaimana bisa, dan cuci tangan pakai sabun.

Kelas cake Dasar dimulai dengan teory bagaimana mengenal resep dasar sponge cake, butter cake dan modifikasinya. Dijelaskan mengenai ukuran telur standard pada resep. Mengenal tepung terigu yang cocok untuk pembuatan cake, mengenal takaran gula, dan Margarin atau butter.

Pada sessi ini juga diajarkan cara memodifikasi resep agar bisa dengan resep yang sama kita mendapatkan beragam rasa cake lainnya.

Kelas disusul dengan mempraktekkan enam macam cake yang sudah dipeljari secara teory. Sponge Cake menjadi resep pertama yang didemokan. Peserta kursus langsung dapat melihat kentalnya adonan cake yang benar. “Ooh, ini yang Namanya kental berjejak ya bu:, seru salah satu peserta kursus. Sementara teman lainnya mengomentari “Wah ini jambul petruk itu ya?”. Kentalnya adonan sponge cake sangat penting dikenali, karena merupakan step awal sukses membuat cake yang teksturnya empuk, membal dan berpori-pori.

Kelas dilanjutkan dengan membuat Butter Cake, cinnamon Cake dan Brownies Kukus. Setelah diselingi istirahat makan dan sholat, kelas dilanjutkan dengan membuat Lapis Surabaya dan Bolu Gulung. Alhamdulillah kelas selesai tepat pukul 14.30 dengan hasil cake yang sempurna.

Beberapa siswa memberikan testimony di Instagram mengatakan “Terimakasih Ibu untuk ilmunya hari ini, kami sangat puas”, dan komentar positif lainnya. Alhamdulillah, terimakasih. Semoga semua pelajaran yang didapat bisa bermanfaat.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment