Semangat Membara Di Kelas Cake Dasar

Cake Dasar merupakan materi kelas di Natural Cooking Club (NCC) yang tak pernah sepi peminat. Kelas ini sudah dimulai sejak awal berdirinya NCC, alhamdulillah selalu menjadi awal yang menginspirasi banyak orang. Dahulu ketika NCC masih berupa Yahoogroups, bisa ditandai banyak sekali pertanyaan mengenai bagaimana sukses membuat Cake, langsung bisa dijawab oleh anggota yang sudah mengikuti kelas cake Dasar. Bukan lagi Tim Moderator. Menandakan “alumni” kelas cake dasar langsung pandai, dan bisa mengerti mengapa gagal membuat kue.

Kelas diawali dengan teori mengenali jenis cake. Ada jenis sponge cake ada jenis butter cake. Dijelaskan kemudian perbedaan kedua jenis cake tersebut. Mulai dari telur, berat telur ideal, kesegaran telur dan jenis telur yang paling cocok digunakan untuk mendapatkan hasil cake paling sempurna. Setiap jenis cake memiliki tekstur yang berbeda-beda. Meskipun menggunakan jumlah telur sama, bila cara membuatnya berbeda, tekstur yang didapat pasti akan berbeda pula. Hal ini sangat penting untuk diketahui.

Demikian juga dengan cake irit telur. Meskipun jumlah telur sangat sedikit, tapi bila resep dibuat imbang, maka tekstur yang didapatpun bisa tetap empuk membal dan berpori-pori. Dengan menguasa tiga resep saja, bila sudah tahu cara memodifikasi resep secara benar, maka sebetulnya siapapun akan bisa membuat cake apa saja.

Akan halnya cake yang menggunakan banyak telur, dengan tanpa menambahkan bahan pengelmulsi, akan bisa didapat tekstur yang sangat lembut dan lentur. Sedemikian rupa sehingga digulung juga nurut. Teknik yang harus dikuasai kemudian adalah cara memanggang dalam oven yang benar. Dikatakan semakin tipis cake, maka suhu oven yang digunakan harus makin tinggi sementara waktu panggang menjadi semakin pendek. Sehingga akan didapat cake tipis yang tidak patah saat digulung.

Pelajaran dilengkapi juga dengan cara sukses membuat Cake yang dikukus. Semua kesulitan saat membuatnya terjawab dalam kelas ini. Sehingga saat kelas berakhir seluruh siswa merasa puas, dan pulang membawa hasil cake yang dibuat pada hari itu.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment