Mengapa Cake Dasar?

Banyak orang yang sering meremehkan kelas cake dasar, karena merasa selama ini sudah biasa membuat cake. Tetapi manakala menemui kegagalan sedikit saja, mereka  tidak pernah tahu sebabnya, apalagi bila diminta untuk memodifikasi resep, pasti semakin bingung. Itulah sebabnya kelas cake dasar diadakan oleh Natural Cooking Club (NCC) sejak awal berdirinya. Berniat untuk membekali ilmu pengetahuan cara sukses membuat cake anti gagal, kelas ini menjadi kelas favorit hingga usia NCC empat belas tahun dibulan Januari 2019.

Dimulai dengan teori mengenal bahan satu persatu, telur yang tepat ukuran dan suhu yang benar. Tepung yang cocok untuk cake, demikian pula jenis gula dan pemanis lainnya. Semua dibahan tuntas. Kemudian peralatan yang persis, suhu oven yang tepat, dan banyak sekali pembahasan tentang bahan baku dan peralatan yang didiskusikan. Hal ini penting untuk siapapun, agar tidak pernah salah menentukan cake apa yang akan dibuat. Pengambilan keputusan untuk membeli bahan baku dan peralatan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kue yang akan dilakukan menjadi terpetakan.

Sponge Cake, Butter Cake, cake dengan sedikit telur, cake dengan banyak telur dan cake yang dikukus selain dipanggang, masing-masing dibahas bagaimana cara membuatnya supaya tidk lagi menemui kegagalan. Setelah itu Fatmah Bahalwan, instruktur yang eksis dikelas ini, mendemokan cara benar membuatnya satu persatu. Terdengar kemudian seruan:”Ooooo…, rupanya harus sekental itu”. Secara jelas peserta kursus lagsung bisa melihat betapa adonan sponge cake tidak cukup hanya sampai berbusa-busa saja, tapi harus sampai kental putih berjambul. Berbeda dengan adonan Butter cake, berbeda pula dengan adonan cake sedikit telur, berbeda pula dengan cake dengan banyak telur. Semua tampak jelas. Jadi meskipun kelas cake dasar dilaksanakan tidak “hands on” (praktek masing-masing), tetapi peserta kursus langsung dapat menangkap pelajaran yang diberikan.

Kelas selesai tepat pukul 14.30, dengan pesan serius dari pengajar bahwa setiap resep harus dikerjakan, jangan hanya disimpan. Koleksi resep tidak akan menentukan masa depan kita. Tapi praktek membuatnya, pasti akan menghasilkan cake dan itu menjadi modal utama kita melakukan bisnis kue dari rumah. Jadi mengapa harus ikut kelas cake Dasar? Karena semua sukses membuat cake berasal dari kelas ini, percayalah!.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment