Marmer Cake, Kue Jadul Yang Kembali Naik Daun

“Bu Faaattt, saya masih juga gagal membuat Marmer cake”, seru beberapa orang melalui pembicaraan ditelphone. Pengen seperti marmer cake yang keren-keren di Instagram katanya. Sempat sambil bercanda saya katakan, padahal Marmer cake ini anti gagal lho!. Jadi dimana salahnya? Ayo kita cari. NCC (Natural Cooking Club), dengan semangat langsung merespon beberapa keluhan ini dengan mengadakan kelas spesial Premium Marmer Cake, praktek masing-masing.

 Kelas pertama diadakan pada minggu kedua bulan Januari. Peserta sangat semangat mengikutinya. Ada peserta dari luar kota, selain juga dari Jabodetabek. Begitu dimulai langsung peserta diajak mendengarkan teori tentang Butter Cake. Karena Marmer cake sebetulnya merupakan modifikasi dari Butter Cake atau Pound Cake. Teori tentang bahan bakunya, cara membuatnya, takaran yang pas dan lain sebagainya. Bekal teori ini diberikan dengan seksama agar tidak terjadi kesalahan sedikitpun mengingat peserta kursus harus melakukan semua proses pembuatannya sendiri.

Serentak peserta kursus didaulat untuk memeriksa bahan-bahan yang sudah disiapkan. Bahan yang digunakan kali ini adalah bahan-bahan premium, menyesuaikan dengan judul kursusnya Marmer Cake Premium. Jadi penggunaan Butter menjadi penting selain Margarine. Takaran persis diceck timbangannya masing-masing, menyusul kemudian memisahkan putih dan kuning telur. Step ini menjadi tingkat kesulitan tersendiri bagi para peserta. Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur dikelas tak bosan-bosannya mengingatkan “putih telur harus bersih, tidak boleh ada setetespun kuning telur, air ataupun minyak. Harus bersih”.

Teknik membuatnyapun sedikit dikembangkan. Jika dalam resep pada umumnya kuning telur dimasukkan satu persatu kedalam adonan, kali ini kuning telur dikocok terlebih dahulu dengan sebagian gula. Hasilnya seperti apa? Naahhh, persis seperti foto-foto yang beredar di media social bukan?. Bahkan Ibu Riana yang khusus datang dari kota Semarang langsung berkomentar,:”Hmmm, ini teksturnya lembut, padat tapi lembut, sungguh enak sekali tidak seperti marmer cake biasa”. Benar sekali karena ini Premium Marmer Cake.

Kelas yang sama akan diadakan kembali di kelas NCC – Tyu Cake Cipinang dan kelas NCC-Toko Jojo Bintaro. Segera pastikan anda ikut serta.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

3 Comments

  • Reply
    February 6, 2019

    Menarik sekali, perlu saya coba ini..
    kebetulan lagi cara tentang hal ini.
    anime terbaik

  • Reply
    Anissa
    February 28, 2019

    Kapan ada jadwal kursus di mks Bu
    Menarik sekali menu2 nya
    Dan sy pengen sekali belajar food costing
    Mksh Bu

  • Reply
    Dian
    March 11, 2019

    Kapan kelas di solo bu Fatmah?

Leave a Comment