Kelas Roti Unyil Bersama Wanita PATRA

Mengawali tahun 2019, senang sekali Natural Cooking Club (NCC) dikunjungi oleh rombongan Dharma Wanita Pertamina Hulu. Kedatangan rombongan ini adalah untuk belajar bagaimana cara membuat roti unyil. Acara yang sudah direncanakan sejak bulan Desember ini, dimulai tepat pukul 09.30 setelah beberapa saat menunggu semua anggota berkumpul lengkap sembari juga menunggu Fatmah Bahalwan yang akan menjadi instruktur dalam perjalanan pulang dari kota Medan.

Mengenal bahan baku dan peralatan yang digunakan pada pembuatan roti menjadi pelajaran pertama, sebelum kemudian diperlihatkan bahan-bahan yang dimaksud dalam pelajaran teori. Setelah itu, adonan mulai dibuat. Tampak seluruh peserta antusias mengikuti jalannya pelajaran. Melihat teknis membuat adonan roti sejak dari tepung hingga menjadi adonan yang kalis dan elastis dengan istilah window pane.

Peserta kemudian dibagi menjadi  empat kelompok, masing-masing bertanggung jawab pada satu resep adonan yang harus menjadi 100 buah roti Unyil. Pelajaran membuat bulatan roti yang dilakukan secara praktek masing-masing berjalan seru sekali. Kelas yang juga dipandu oleh Nadrah Shahab dan Gemi Miranti, dua orang pengajar di NCC, menjadi sangat tertib dan menyenangkan.”waah, kelihatannya mudah ya ternyata huhuiiyy susah juga!”, seru salah satu peserta sambil bersenda gurau.

Selesai proses rounding, Fatmah Bahalwan kemudian mendemokan cara mengisi roti dan membuatnya menjadi 16 model. Beberapa peserta tampak merekan dalam video, sementara rekan lainnya menyimak dengan seksama.

Kelas dilanjutkan dengan praktek masing-masing membuat roti Unyil dengan isian dan model yang sudah dicontohkan. Bagaimana hasilnya? Lihat pada para de foto-foto terlampir ya!.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment