Baking Dan Cake Decorating Class NCC Di Papua

Memanfaatkan kedatangan Founder Natural Cooking Club Ibu Fatmah Bahalwan di Papua beberapa waktu yang lalu, diadakan baking class dua hari berturut-turut di Abepura, tepatnya di Toko Bahan Kue Avons.

Kelas hari pertama adalah Cake Decorating Dasar Butter Cream. Selama satu hari penuh, peserta kursus yang berdatangan dari beberapa daerah di Papua belajar mendekorasi kue mulai dari dasar hingga bisa menghias kue ulang tahun cantik. “saya datang kesini melewati tiga desa Ibu”, begitu kata salah satu peserta yang datang dari Desa Arso dengan semangat. Sementara ada lagi seorang peserta yang sengaja datang dari Wamena, hingga harus menginap di Jayapura. Mengingat Wamena ke Abepura perjalanan harus ditempuh dengan pesawat terbang.

Tidak sia-sia perjuangan mereka untuk belajar, karena hari itu materi sangat bagus. Materi favorit banyak orang untuk dapat membuat kue ulang tahun.

Hari kedua adalah kelas Roti Unyil dan Bakpaow Mini. Tidak menyangka sebelumnya bila kelas ini akan dipenuhi oleh banyak peserta yang semangat. Membuat roti Unyil, mungkin kelihatannya mudah. Akan tetapi sebetulnya memerlukan ketrampilan khusus agar roti yang berukuran super kecil ini tetap bertekstur empuk, lembut  dan rasanya enak. Peserta mengikuti jalannya kelas dengan seksama setiap stepnya. Kelas yang berlangsung secara Hands On (praktek langsung sendiri-sendiri) ini, menjadikan setiap peserta tahu persis trik khusus yang dipelajari.

Akan hal-nya membuat Bakpaow, mirip seperti membuat roti akan tetapi ada beberapa pelajaran yang berbeda. Mendapatkan Bakpaow mini yang lembut dan berwarna putih mengkilap, dibahas dalam kelas ini. Peserta sangat seru membentuk bakpaow lucu-lucu. “saya ingin berjualan bakpaow “, kata salah satu peserta yang sebetulnya sudah mulai berjualan aneka makanan.

Alhamdulillah semua pelajaran dapat diberikan dan diserap dengan baik, kelas selesai hingga sore sekali dimana hujan mulai turun mengawali musim hujan tahun ini. Semoga semangat yang didapat saat belajar, terus terjaga sampai sukses. Ibu Fatmah yang datang bersama Nadrah Shahab, salah satu pengajar dan Moderator NCC, pamit pulang untuk kembali ke Jakarta keesokan harinya.

Terimakasih kepada Melly Frederika Bataona yang telah mengkoordinir kelas-kelas NCC di Papua.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment