Empat Hari  Di Makassar Dengan Lima Kelas

Sebetulnya sudah sejak lama saya ingin sekali mengunjungi Makassar. Awalnya menghitung jumlah perjalanan keliling pulau-pulau besar di Indonesia. Alhamdulillah Jawa sudah dari Barat sampai ke Timur. Sumatera sudah dibeberapa kota besar. Kalimantan juga sudah, termasuk Papua. Sehingga kemudian Sulawesi menjadi salah satu tempat yang ada kami sebut dalam do’a untuk dapat dikunjungi. Pernah sekali waktu berkesempatan transit beberapa jam di Makassar untuk melanjutkan perlanan ke Papua, itupun sudah senang sekali, tetapi belum puas karena tidak berkesempatan mengajar dan berbagi ilmu disana. Beberapa kali menyusun rencana dengan sponsor, belum deal juga. Akhirnya do’a kami terkabul dengan adanya undangan dari Ibu Jessy Galla, aktifis media sosial yang sebelumnya pernah ikut serta dalam kelas Cake Internasional di Jayapura. Horeee…. Sulawesi, kami datang!.

Saat mencari-cari siapakah yang menjemput kami berdua di Bandara Sultan Hassanuddin, saya Fatmah Bahalwan berdua dengan Gemi Miranti, nampak dibalik kaca dua bidadari cantik melambai-lambaikan tangan. Aaaahhh, gembira sekali rupanya Fitria dan Bunda Raka, dua pengurus NCC yang sudah menunggu kami. Alhamdulillah, terimakasih ya Allah telah mempertemukan kami dengan orang-orang baik yang luar biasa.

Kami langsung menuju Toko Bahan Kue Aneka Rempah milik Ibu Hj.Asni di Jalan Toddopuli. Toko yang berlantai tiga ini menjadi tempat berlangsungnya kelas-kelas yang diadakan selama empat hari berturut-turut.

Semangat sekali kami membuka kelas hari pertama dengan materi Cake Dasar. Seperti biasa pada kelas ini dibahas mulai mengenal resep, mengenal bahan baku, mengenal peralatan dan selengkapnya untuk sukses membuat cake. Peserta yang mengikuti kelas ini tidak hanya datang dari Makassar tapi juga dari kota-kota lain yang jaraknya agak jauh. Seperti dari Sengkang, Bantaeng, Soroako, Sanggau, dan bahkan ada yang khusus datang dari Ambon. Sungguh saya merasa sangat beruntung Allah beri kesempatan untuk berbagi ilmu hingga dipulau ini.

Kelas dilanjutkan dengan siang hari, materi Cake Potong. Beberapa siswa kelas pagi tetap bertahan mengikuti kelas siang, “mumpung Bu Fat ada disini, saya harus belajar lengkap”, begitu kata Fenty yang khusus datang belajar karena bercita-cita membuka usaha bakery.

Hari kedua, ketiga dan keempat, kelas bermaterikan Cake Decorating Dasar Buttercream. Tidak saya kira sebelumnya ternyata dibumi Sulawesi ini banyak sekali pehobby cake decorating. Semangat yang luar biasa sampai ada yang khusus datang dari Pontianak. Menempuh jarak yang cukup jauh untuk bisa belajar cake decorating.

Alhamdulillah dihari terakhir kelas selesai dengan baik. Siswa belajar aneka bunga untuk menghias cake. Setelah berfoto-foto dulu, kamipun segera berpamitan untuk kembali lagi ke Jakarta. Disela kegiatan sehari-hari kami tetap sempat mengunjungi Pantai Losari dan makan Pisang Epe dipinggir pantai. Menjadi pengalaman yang luar biasa.

Sampai jumpa dikesempatan berikutnya in sha Allah, semoga segala sesuatunya bisa menjadi manfaat kini dan dimasa datang.(fb)

  

  

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment