Inspirasi Menu Café Hadir Di Kota Semarang

Kamis, 13 September 2018 pagi, kesibukan sudah dimulai. Bertempat di Auditorium Hotel Santika Pandanaran Semarang acara baking demo Inspirasi Menu Cafe berlangsung. Antrian pengunjung yang hendak mengikuti acara ini sudah mulai terlihat sejak pukul 09.00. bahkan satu jam sebelumnya sudah telihat peserta yang datang dari luar kota Semarang. Seperti yang datang dari Kendal, Kudus, Demak, Jepara dan lain-lain. menandakan antusiasme tinggi untuk menambah ilmu hari itu.

Setelah MC membuka acara, demo dimulai dengan membuat Lapis Legit. Cake legendaris yang sering dianggap tidak mungkin dibuat oleh pengusaha rumahan ini didemokan dengan cara yang simpel dan mudah ditiru siapapun. Menggunakan Orchid Butter yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, penonton dapat melihat langsung betapa dari mulai adonan jadi hingga saat melapis satu demi satu, aroma harum butter dan susu keluar saat dipanggang. Adonannya sangat stabil. Sehingga tidak perlu khawatir mencair saat antri menunggu dituang perlapis.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan produk PT Indolakto. Disampaikan secara apik dan komunkatif oleh Ibu Prita Utami Maheswari, Manager Marketing Indolakto. Dijelaskan satu demi satu produk susu dan turunannya. Mulai dari Susu UHT, Susu Segar (Fresh Milk), Susu Kental Manis, Susu Bubuk, Indo Eskrim, Orchid Butter. Dipastikan semua dibuat dari bahan susu sapi asli.

Sempat ditanyakan oleh peserta, bahwa apakah susu Bubuk Full Cream Indomilk juga boleh diminum? Ibu Prita langsung menjelaskan bahwa Susu Bubuk ini juga asli dari Susu Full Cream, yang diproses sedemikian rupa hingga menjadi bubuk. Sehingga juga layak diminum sebagai susu bila dicairkan. Akan tetapi susu Bubuk Full Cream Indomilk memang ditujukan untuk keperluan Baking dan Cooking (memasak dan membuat kue) sehingga diberi aroma harum vanilla didalamnya.

Indomilk Fresh Milk, adalah susu sapi segar yang diproses Pasteurisasi sedemikian rupa sehingga anti bakteri dan menghasilkan Foam atau busa yang sempurna bila digunakan pada minuman kopi di Cafe. Proses yang sempurna, menjadi Fresh Milk Indomilk memiliki usia simpan 21 hari didalam kulkas. Berbeda dengan Indomilk Susu UHT. Melalui proses Ultra High Temperatur (pemanasan tinggi) selama beberapa detik, sehingga susu ini memiliki usia simpan 9 bulan pada suhu ruang selama kemasannya belum dibuka. Sehingga susu UHT, sangat cocok dijadikan bahan baku pembuatan banyak produk makanan. Seperti pudding, Aneka minuman, Roti dan Cake.

Acara dilanjutkan dengan demo membuat Salted Brownies oleh Chef Wahyu Setiawan, technical Advisor PT Indolakto. Kemudian Fatmah Bahalwan tampil kembali mendemokan cara membuat Egg Roll susu. Pada kesempatan itu Egg Roll dibuat juga model Mangkuk yang diaplikasikan sebagai alas sajian Indo Eskrim Nusantara. Waahhh, seluruh peserta terkagum-kagum dengan aplikasi yang dimakeup langsung oleh chef Wahyu Setiawan. Tampilan Egg Roll untuk sajian cafe menjadi lebih beragam.

Setelah diiringi dengan istirahat dan sholat, acara dilanjutkan lagi dengan product Knowledge dari PT Sinar Himalaya. Produsen yang dalam acara ini sebagai penyedia Oven yg berstandard Internasional dan Mikser untuk usaha.

Terakhir kemudian Menu Avocado silky Pudding didemokan. Luar biasa ternyata silky Pudding dapat disajikan sebagai menu cafe dengan tampilan topping Indo Eskrim dan siraman Espresso Coffee. Sehingga bila biasanya sajian cafe berupa Avogato, sekarang bisa lebih kaya lagi variannya menjadi Avogato Avocado. Avocado silky Pudding, Indo Eskrim dan Espresso, paduan yang sangat sempurna.

Acara diakhiri dengan foto bersama para pengunjung, khususnya para pelanggan Toko-toko Bahan Kue yang tersebar diseluruh kota Semarang.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment