Memperkenalkan Bio Bianca Di Kelas Cake Internasional

Kelas Cake Internasional NCC (Natural Cooking Club), dianggap sebagai kelas lanjutan setelah kelas cake Dasar. Jika didalam kelas cake dasar diajarkan banyak sekali ilmu dasar untuk sukses membuat cake. Dikelas ini diajarkan banyak sekali mengenal cokelat. Bagaimana menghandel cokelat masak pekat, cokelat masak susu dan cokelat masak putih. Mengapa ada cokelat masak yang pekat, cokelat masak susu dan cokelat masak yang tidak berwarna cokelat. Pembahasan cokelat hingga tuntas, dari mulai mengenal biji cokelat.

Dijelaskan juga tentang apakah whipped cream itu?. Yaitu bagian lemak susu yang paling kental sedemikian rupa sehingga bila dikocok akan mengental dan kaku, bisa dijadikan filling, cover cake atapun border. Dikenal ada Dairy Whipped Cream dan Non Dairy Whipped. Kedua bahan itupun dijelaskan tentang perbedaan bahan baku dan cara meng-handle-nya dengan benar. Pada kesempatan ini diperkenalkan BIO BIANCA, yaitu jenis non dairy whipped cream dalam bentuk bubuk. Whipped cream bubuk Bio Bianca ini memudahkan kita membuat Chocolate Ganache. Karena bentuk fisiknya yang bubuk, sehingga dapat disimpan disuhu ruang, tidak mudah rusak dan mudah sekali membuatnya. Dengan perbandingan satu dua untuk Bio Bianca dan air es, aduk dan kocok sebentar langsung bisa didapat whipped cream kental. Siapapun dapat melakukannya tanpa harus khawatir bakal pecah dan terpisah antara lemak dan cairannya.

Bio Bianca sebetulnya bukan produk baru. Sudah sejak tahun sembilan puluhan produk ini ada. Dahulu dijual dalam kemasan ulang oleh Toko Bahan Kue, karena kemasan asli dari pabrik ukurannya besar, 15 Kg. Sehingga pengusaha kecil sulit untuk mendapatkannya. Saat ini Bio Bianca dijual dalam kemasan 250 gram dengan harga yang lebih terjangkau. Kemasan vacuum dari pabrik menjamin keaslian dan kebersihan Bio Bianca. Pengusaha kecil dan menengahpun sekarang bisa membelinya dengan mudah.

Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur pada kelas cake Internasional kali ini langsung mendemokan bagaimana cara membuat whipped cream menggunakan Bio Bianca, dan langsung dapat dimengerti oleh para siswa kursus. Setelah Bio Bianca mengental, langsung ditambahkan cokelat masak leleh, kocok bersama, sebentar kemudian didapat cokelat ganache yang bisa digunakan untuk membuat filling, polesan dan dekorasi cake. Bio Bianca dari PT Zeelandia Indonesia ini sudah bersertifikat Halal MUI.

Setelah semua cake dibuat dan didinginkan. Kelas dilanjutkan membuat hiasan cokelat. Collata Dark Cooking Chocolate saatnya digunakan untuk membuat cokelat bentukan, cokelat dekor dan cokelat sabuk. Berturut-turut dilakukan proses melapis cake dengan cokelat ganache yaitu Opera cake, Devil’c Food cake, dan Sacher Torte. Black Forest menjadi cake pertama yang di finishing, karena digunakan cukup Bio Bianca saja untuk cover, filling dan dekorasi.

Jika ingin membeli Bio Bianca kemasan 250gr, di NCC Matraman ada lho.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment