Reportase Kursus: Tidak usah panik jika cake yang dibuat tidak berhasil

Ada kalanya cake yang kita buat tidak berhasil, padahal sudah mengikuti langkah-langkah dan petunjuk sesuai resep plek ketiplek.

Nah..ngga usah panik ya, simak deh tips yang penting banget dilakukan supaya hasil cakenya maksimal.

Langkah pertama adalah mengolesi Loyang dengan mentega/margarin atau pengoles loyang. Ini dilakukan agar saat dikeluarkan cake akan tidak dan mudah untuk dikeluarkan dari loyang. Cake akan tetap cantic. Langkah ke dua adalah melapisi loyang dengan kertas roti, tujuannya sama dengan diatas yakni agar cake mudah dikeluarkan dari Loyang. Walaupun sudah megoleskan loyang dengan pengoles loyang, ada baiknya jika tetap dilapisi dengan kertas roti. Langkah ke tiga adalah jangan mengisi loyang hingga penuh ya sisakan ruang kosong hingga 2 cm kurang lebih dari tinggi loyang. Apalagi untuk cake yang mengembang, maka cake akan meluber.

Langkah ke empat adalah mengetuk loyang, setelah adonan dituang ke loyang, selalu ratakan permukaan adonan, kemudian ketuklah loyang agar gelembung udara yang terperangkap dalam adonan keluar serta mencegah cake menjadi kempis, permukaan berlubang dan berpori besar.  Langkah ke lima adalah tidak membuka pintu oven saat memanggang, karena cake bisa menjadi kempis dan gagal. Jika penasaran, intip saja melalui kaca oven.

Langkah ke enam yang perlu juga diperhatikan adalah tidak mengeluarkan cake terlalu cepat, pastikan cakenya sudah matang sempurna. Untuk mengeceknya bisa dengan menusukkan lidi ke dalam cake, jika tidak ada adonan yang menempel maka cake sudah matang dengan sempurna. Terakhir adalah cake yang baru keluar dari oven, biarkan dulu beberapa waktu hingga agak dingin dan permukaannya mengeras.

Nah….udah ngga panik lagi kan…ayo segera dibuat cakenya ya

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment