Susu UHT Dan Susu Segar, Apa Bedanya?

Sering jadi pertanyaan apa bedanya Susu UHT dengan Susu Segar (fresh milk). UHT singkatan dari Ultra Hight Temperatur adalah suatu proses pemanasan pada suhu tertentu yang menjadikan seluruh bakteri mati dan susu lebih awet pada suhu ruang dalam keadaan vacuum (tidak ada udara).  Sedemikian rupa sehingga Susu UHT cukup disimpan dlam suhu ruang selama kurang lebih 9 bulan.

Sedangankan Susu segar, adalah asli susu sapi yang melalui proses Pasteurisasi, sehingga anti bakteri tapi tetap harus disimpan dalam lemari pendingin. Usia simpan tidak lama hanya sekitar tiga minggu saja. Proses pasteurisasi menjadikan susu segar tetap memiliki kandungan lemak susu utuh sehingga bila diproses pada Milk Frothing akan menghasilkan busa susu yang tebal sempurna. Sangat cocok dijadikan sajian minuman Kopi Cafe, dan kebutuhan Latte Art.

Indomilk memiliki kedua varian susu tersebut diatas. Kualitas susu UHT Indomilk dan Susu Segar Indomilk sangat dipercaya. Salah satu bukti nyata adalah saat digunakan pada kelas Kursus Cake Dasar di Natural Cooking Club (NCC).

Pada kelas cake dasar NCC seperti biasa diajarkan banyak sekali pengetahuan tentang teknik dasar untuk sukses membuat cake. Mulai dari Sponge Cake, Butter Cake, cake irit telur, cake banyak telur dan cake yang dikukus selain juga yang dipanggang. Pelajaran yang diberikan juga lengkap dengan cara memodifikasi resep, cara memilih bahan yang tepat, cara mempersiapkan bahan. Mengenal kentalnya adonan sponge cake. Mengenal adonan Butter cake serta cake lainnya. Dibuat sponge cake panda, Cake Marmer, Cinnamon cake, lapis surabaya dan Bolu Bulung. Tidak hanya itu dijelaskan juga cara mengatur suhu oven yang tepat agar cake matang sempurna.

Susu UHT digunakan pada Resep Cake Irit telur. Siapa yang mengira bahwa cake yang menggunakan dua butir telur ayam saja, didapat tekstur yang lembut, empuknya cukup dan aroma susu yang harum. Sudah pasti hasilnya demikian karena digunakan Susu UHT Indomilk. Susu yang bahan bakunya asli dari susu segar tanpa ada campuran sedikitpun susu bubuk, menghasilkan tekstur yang lembut dan  harum. Cocok dijadikan bahan dasar kue tart, dan cocok juga dijadikan bahan dasar Cup Cake. Serba guna.

Lapis Surabaya dan Bolu Gulung menjadi materi akhir kelas Cake Dasar. Beberapa eserta kursus kemudian mencoba praktek menggulung Bolu. Wah, seru sekali.

Selesai kursus semua peserta dibekali semangat dan pengetahuan untuk siap melakukan bisnis cake dirumah ataupun ditempat produksi lainnya. (fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment