Aroma Harum  Susu Keluar Saat Cake Matang

Pernah ketemu susu bubuk yang saat kita cium harum baunya, tetapi ketika digunakan pada cake, saat matang keluar dari oven aromanya hilang sama sekali? Susu bubuk seperti ini banyak sekali dijual dipasaran. Bahkan yang kualitasnya tidak jelas, mengarah kebahaya untuk kesehatan, tapi aroma awalnya sangat menggoda. Hati-hati !.

Susu bubuk yang digunakan pada kelas cake Dasar Natural Cooking Club, berbeda dengan susu bubuk yang dijelaskan diatas. Kami hanya menggunakan susu bubuk Indomilk saja. Susu bubuk yang diproduksi asli dari susu segar, melalui proses sedemikian rupa sehingga menjadi susu bubuk dengan kualitas terbaik. Bisa jadi aroma awalnya tidak seharum susu bubuk lainnya, tapi begitu dipanggang dalam oven, aroma susu asli keluar sangat harum. Apalagi ketika cake matang keluar dari oven. Keharumannya makin jadi.

Seperti biasa kelas Cake dasar menjadi favorit banyak orang. Kelas yang penuh dengan pengetahuan dasar ini memberi pelajaran mulai dari mengenal bahan baku, memodifikasi resep, cara sukses membuat cake tanpa gagal, mengenal suhu oven yang tepat dan masih banyak lagi. Peserta kursus diajak membuka pikiran bahwa sebenarnya membuat cake ini mudah, menyenangkan, dan dapat dijadikan sebagai salah satu cara mendapatkan penghasilan.

“dengan menguasai tiga resep dasar, sebetulnya kita semua dapat membuat cake apa saja”, demikian Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur dikelas ini memberi semangat kepada seluruh peserta kursus. Tugas kita tinggal memilih, mau cake yang teksturnya empuk, membal dan berpori-pori, atau cake yang padat dan mengenyangkan atau cake yang sedang-sedang saja : tidak empuk banget tapi juga tidak padat. Tinggal kita modifikasi resep sesuai rumus yang sudah diajarkan.

Setelah break makan siang dan sholat, pelajaran dilanjutkan dengan membuat cake banyak telur. Lapis Surabaya dan Bolu Gulung menjadi materi utama. Kedua resep ini selain menggunakan banyak telur, juga digunakan banyak mentega. Jangan salah ya Mentega adalah Butter, berbahan baku susu asli. Penggunaan banyak telur dan sedikit tepung membuat tekstur Lapis Surabaya dan Bolu Gulung ini sangat lembut dan lentur, digulung mudah saja.

Terakhir diajarkan membuat Cake yang dikukus. Brownies kukus menjadi jagoannya. “Ingat ya, brownies kukus tidak sama dengan brownies panggang”. Brownies kukus adala jenis Sponge cake yang dimatangkan dengan cara dikukus. Merupakan kreatifitas orang Indonesia yang luar biasa. Didapat Cake Kukus dengan rasa coklat yang sangat kuat. Karena digunakan coklat bubuk, darck cooking chocolate, coklat pasta dan masih diberi filling cokelat mesis.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment