Reportase Kursus: Apa Bedanya Roti Manis Dan Donat?

“Ibuu, mengapa setiap kali saya membuat Donat, jadinya dimakan alot?”, pertanyaan Ibu Yuli mengawali kelas Roti Manis dan Donat kali ini. “Kalau saya bu, Donat yg saya buat tidak pernah mulus”, peserta kursus lain langsung menimpali. Beberapa pertanyaan lain kemudian berdatangan menimpali kedua pertanyaan tadi.

Banyak sekali pengetahuan yang sering tidak diketahui untuk sukses membuat roti dan donat. Pada kelas Roti Manis & Donat di Natural Cooking Club (NCC), dijelaskan secara detil mulai dari pemilihan tepung yang cocok untuk kebutuhan roti dan donat, pengadukan yang benar dan step by step lainnya. Diskusi yang terjadi kemudian sangatlah bermanfaat karena peserta yang datang kebetulan sudah pernah mencoba membuat roti maupun donat berbekal pengetahuan yang didapat melalui media sosial yaitu Youtube, Instagram dan facebook. Ternyata banyak hal penting yang masih harus dilengkapi untuk mendapatkan hasil yang bagus dan cara membuat yang benar.

Delaskan bahkan proses fermentasi harus dilakukan beberapa tahap. Untuk mendapatkan hasil yang bagus, proses fermentasi harus dilakukan sampai tiga kali. Yaitu pada saat ketika adonan sudah diuleni hingga kalis dan elastis, yang kedua setelah proses timbang potong dan rounding, yang ketiga adalah setelah proses filling. Jika dilakukan fermentasi satu kali saja disaat akhir, roti yang didapat menjadi kurang sempurna. Selain itu, dengan menggunakan Blue band Master Cake Margarine, sebagai salah satu bahan utama pembuatan roti dan donat menjadikan roti dan donat memiliki aroma dan rasa yang enak.

Peserta kursus mempraktekkan semua teori yang sudah dijelaskan. Ketika proses rounding apalagi, hampir semua peserta merasakan kesalahan proses yang dilakukan selama ini, melewatkan step penting ini. “Pantesan donat saya pecah-pecah”, karena rupanya selama ini membulatkan adonan asal saja, tidak memperhatikan bahwa harus bulat licin. Rounding yang sempurna bisa dilakukan bila adonannya juga kalis sempurna. Sehingga semua step saling berhubungan mendukung hasil akhir yang sempurna.

Akhirnya semua bisa tahu, apa bedanya roti dan donat. Pada dasarnya mereka semua sama-sama menggunakan ragi, hanya cara pematangannya saja yang berbeda.

 

Kursus NCC didukung penuh oleh blue band master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment