Reportase kursus: Semangat Di Kelas Cake Decorating Dasar Buttercream

Lepas satu minggu setelah hari raya lebaran usai, Natural Cooking Club (NCC) aktif kembali. Hari pertama langsung dibuka dengan kelas cake Decorating Dasar Butterream program empat hari. Kelas yang selalu diidam-idamkan oleh para penggemar dekorasi cake.

Dimulai tepat pukul 09.00, tanggal 3 Juli hari Senin di NCC Matraman, hari itu peserta kursus berdatangan dari Jakarta, luar kota, dan bahkan luar pulau. Tercatat ada Chichi dan Mamanya Ibu Neny yang khusus datang dari Menado, Ibu Linda dari Balikpapan, Rani dari Solo, Salsabila dan Nining dari Depok, Hesty dari Bekasi, Ibu Melly dari Jakarta, dan yang luar biasa ada Tya dan Ninik yang masing-masing datang dari Belanda dan Amerika. Sungguh kelas yang sangat seru dengan siswa yang penuh semangat setiap harinya.

Hari pertama diajarkan mengenal noozle spuit yang digunakan selama kelas empat hari. Diberikan delapan macam spuit yang harus dihafal masing-masing nomornya. Satu flower nail dan satu scrapper. Masih ditambah lagi diberi Appron. Setiap siswa bertanggung jawab pada peralatan miliknya masing-masing. Tidak boleh hilang, karena bila hilang tidak akan diganti. Diberi kesempatan kemudian para siswa memberi tanda pada peralatan yang dimiliki untuk menghindari keliru dengan teman lainnya.

Kelas dilanjutkan dengan pelajaran dasar mendekor cake. Mulai dari membuat bintang (star), kerang (shell), stringwork (tali-tali), renda-renda(ruflle), dan modifikasinya, sampai belajar memoles/menutup cake dan membuat bunga mawar, kuncup dan daun. Masih menggunakan buttercream warna putih.

Dihari kedua, siswa sudah mulai diajak mewarnai buttercream. Dibuat model berwarna pink, bulat dengan model yang sangat cantik. Hari kedua ini diselesaikan dua model cake. Satu dipagi hingga siang, satu lagi model keranjang bunga disiang hari hingga selesai sekitar pukul 15.00.

Hari ketiga, diajarkan mendekorasi kue bentuk persegi empat. Tingkat kesulitan pada saat memoles bertambah karena ada empat sudut siku-siku yang harus dihandel dengan baik. Alhamdulillah setiap siswa dapat menyerap pelajaran dengan baik. Apalagi Buttercream yang digunakan sangat memudahkan mereka, karena dibuat dari Blue Band white Cream fat. Lho, memangnya Blue Band ada mentega putihnya? Begitu pertanyaan para siswa serentak. Benar sekali, Blue Band memiliki mentega putih kualitas sangat bagus untuk digunakan sebagai bahan baku buttercream dan kebutuhan lainnya. Warnanya putih, mudah dicampur dengan pewarna makanan, dan tidak ngendal.

Hari terakhir, pelajarannya adalah Frozen Buttercream transfer. Yaitu teknik menggambar menggunakan buttercream diatas kue. Jadinya seperti apa? Lihat saja pada foto-foto hasil karya mereka. Siapa yang dapat menyangka bila para pemula dapat membuat kue secantik itu dengan belajar empat hari saja. (fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment