Reportase Kursus: Semangat Baru Di Kelas Cake Dasar

Luar biasa kelas Cake Dasar NCC (Natural Cooking Club) pertama setelah libur lebaran, ternyata full. Banyak sekali peserta yang datang dari luar kota. Bisa dimengerti karena libur lebaran bila disambung dengan libur sekolah masih cukup waktu untuk mengikuti kelas-kelas di NCC. Khususnya penduduk yang “pulang kampung”-nya ke Jakarta.

Seperti biasa kelas diawali dengan teori bagaimana sukses membuat cake. Mulai dari Sponge Cake, Butter Cake, Cinnamon Cake, Lapis Surabaya, Bolu Gulung dan brownies Kukus. Dikatakan bahwa sukses membuat cake dimulai dengan mengenali bahan-bahannya terlebih dahulu. Telur, adalah salah satu bahan utama yang menentukan hasil jadinya cake. Untuk hasil paling baik, harus digunakan telur segar yang berasal dari Ayam, bukan dari kulkas. Demikian Fatmah Bahalwan menjelaskan, disambut tawa ria peserta kursus yang sebelumnya terlihat tegang. Suasana kursus mencair sebentar, kemudian serius kembali ketika diberikan penjelasan bagaimana memilih bahan tepung yang benar. Gula yang sesuai untuk pembuatan cake dan yang lebih lagi cara memilih Margarine yang paling baik sesuai peruntukkannya

Pada kesempatan itu dijelaskan bahwa Blue Band Master Margarine, adalah varian Margarine Blue Band dengan kemasan besar. Mulai dari 2 Kg, kemudian 5 Kg dan 15 Kg. Ada tiga macam varian Blue Band Master Margarine yaitu:

  1. Blue Band Master Original
  2. Blue Band Master Cake Margarine, dan
  3. Blue Band Gold Margarine.

Masing-masing varian memiliki keistimewaan tersendiri. Dalam kelas cake Dasar semua resep menggunakan Blue Band Master Cake Margarine.

Kelas kemudian dilanjutkan dengan mendemokan cara membuatkan sponge secara riil. Telur, gula dan cake emulsifier dikocok sampai kental. Kentalnya seperti apa? Langsung ditunjukkan oleh pengajar . Waktu kocok menjadi tidak penting ketika seseorang sudah mengenal baik kekentalan adonan sponge yang benar. Tergantung mikser apa yang digunakan. Tingkat kritis selanjutnya adalah saat menunangkan margarine cair pada adonan. Harus diaduk sampai rata benar. Karena tingkat kegagalan paling tinggi pada pembuatan sponge cake adalah saat pengadukan ini. Bila ada margarine cair yang masih mengendap dipastikan cake akan mengeras dibagian bawah, sementara diatasnya tetap spongy. Hal-hal kecil seperti ini harus mendapatkan perhatian khusus demi suksesnya proses pembuatan cake.

Kelas berakhir setelah menyelesaikan 6 macam cake sesuai materi yang disiapkan. Semua peserta sangat puas melihat hasil akhir cake yang dibuat. Mereka langsung mendapatkan jawaban mengapa selama ini kesulitan mendapatkan hasil cake yang sempurna. Kurang dari 5 jam belajar dikelas ini, peserta kursus menjadi pandai memodifikasi resep, memilih bahan yang benar, memilih alat yang sesuai kebutuhan dan mengatur waktu kerja produksi kue yang baik. Selesai libur lebaran, semoga diperoleh semangat baru melalui kelas cake Dasar NCC. (fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment