Reportase Kursus: Kremesan Ayamnya Gurih Dan Enak, Apa Rahasianya?

“Bu, saya sudah bisa membuat ayamnya, sudah mirip. Tetapi kremesannya masih belum bisa renyah, selalu saja melempem, apa rahasianya?”, pertanyaan beruntun ini langsung disampaikan oleh Arif, seorang mahasiswa sebuah perguruan tinggi yang saat itu mengikuti kelas Masakan Ayam Populer di Natural Cooking Club. Mendengar itu Fatmah Bahalwan yang menjadi instruktur kelas ini langsung menjawab dengan semangat “Yuk, temukan jawabannya dikelas ”. Arif-pun bersemangat mengikuti tiap step pembuatan Ayam Goreng A laa Suharti yang lengkap dengan kremesannya, Ayam Tulang Lunak dan Ayam a laa KFC yang diajarkan.

Kelas dimulai dengan mengenalkan jenis ayam yang digunakan pada setiap masakan. Pada ayam Tulang Lunak, harus digunakan jenis Ayam Kampung yang relatif dagingnya cukup kuat. Sehingga meskipun tulang ayam dimasak sampai lunak, daging ayam tidak menjadi hancur. Demikian juga pada masakan Ayam A laa Suharti, harus digunakan ayam kampung untuk mendapatkan rasa gurih alami. Sementara Ayam KFC, harus digunakan jenis Ayam Broiler, atau ayam negeri, mengingat masakan ini tidak melalui proses ‘Ungkep’ terlebih dahulu. Cukup dimarinate sekitar 15 menit, kemudian diproses lanjut pelapisan tepung dan langsung digoreng. Dengan demikian ayam dimasak lebih cepat dan matang sempurna. Itu sebabnya tidak cocok jika digunakan ayam Kampung.

Giliran membuat Tepung Bumbu, seluruh siswa kursus memperhatikan dengan seksama. Tepung protein sedang dicampur dengan lada halus dan Knorr Chicken Powder, dengan ukuran proporsional, pasti akan didapat tepung bumbu yang rasa gurihnya pas. Step melapiskan tepung pada ayampun diajarkan dengan cara yang sangat mudah dipahami. Setiap siswa kemudian diharuskan praktek sendiri-sendiri melapis dan menggorengnya hingga didapat ayam yang terbalut tepung bumbu rapi dan tampilan setelah digoreng, keriting, persis seperti ayam yang dijual di Mall-mall terkenal. Untuk mendapatkan hasil balutan yang keriting sempurna, ayam harus segera digoreng. Tidak boleh dilakukan cara : setelah dibalut tepung, disimpan dalam freezer. Karena jika dilakukan cara seperti itu, hasilnya tidak akan sempurna. Hanya menjadi ayam balut tepung biasa-biasa saja. Teknik seperti ini sangatlah penting untuk diingat.

Saatnya membuat kremesan Ayam A laa Suharti. Arif, menjadi pemerhati utama. Mulai step menyiapkan bumbu. Mencampur dengan bahan cair. Memasaknya. Dan terakhir mengucurkan kedalam minyak panas jumlah banyak, sedemikian rupa hingga menjadi bersarang, hingga mengering menjadi bumbu kremes. “Aaa, sekarang saya tahu dimana salahnya kemaren”, seru Arif, setelah mengikuti step by step pembuatan bumbu kremes. Tidak hanyak Arif, peserta lainnyapun tampak puas dengan hasil yang didapat.

Rasa gurih dan enak yang pasti didapat rupanya karena menggunakan Knorr Chicken Powder sebagai satu-satunya bumbu penguat rasa yang mendapingi bumbu-bumbu lainnya.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment