Nastar Kinclong Dengan polesan Susu Kental Manis Indomilk

Nastar adalah sajian kue kering yang selalu ada dihari Lebaran. Tampilan nastar yang kinclong, alias mengkilap, sangat menjadi harapan setiap pembuat kue ini. Bagaimana sih cara mendapatkan tampilan yang mengkilap seperti yang ada difoto-foto nastar yang beredar seantero dunia maya? Pertanyaan seperti ini hampir setiap hari ada dikomunitas Natural Cooking Club (NCC). Bahkan sempat menjadi diskusi yang makan waktu selama beberapa hari.

Pada Kursus Kue Kering Lebaran di NCC Matraman, sebetulnya bukan melulu nastar yang dibuat. Akan tetapi ada Sagu Keju, Putri Salju, Kaastengel, Lidah Kucing Mocca dan Lidah Kucing Keju. Masing-masing jenis kue kering diajarkan secara praktek bersama. Setiap peserta langsung dapat memahami bagaimana membuat nastar yang lembut dan renyah. Tapi bagaimana cara membuat permukaan nastar “kinclong”?

Mengkilapnya permukaan nastar aslinya didapat dari polesan kuning telur. Bila polesan dilakukan sejak awal. Artinya setelah nastar selesai dibentuk, kemudian dipanggang dalam keadan sudah dipoles. Pasti akan didapat nastar dengan tampilan sedikit reta-retak. Mengapa demikian? Karena pada proses pematangan, nastar akan sedikit mengembang. Karena polesan sudah ikut menempel, maka diapun ikut mengembang dan akhirnya retak. Beberapa orang justru menyukai tampilan Nastar retak. Konon lebih menarik.

Sebagian orang lain justru tidak menghendaki nastar retak. Mereka ingin nastarnya mulus dan mengkilap. Berarti matangkan nastar terlebih dahulu, sampai separoh waktu panggang, keluarkan dari oven, baru dipoles, kemudian panggang lagi. Didapat nastar yang mengkilap, tapi kadang masih ada sedikit sekali retak.

Saya mau benar-benar mulus tanpa sedikitpun retakan? Begitu sebagian orang lain menginginkannya. Inilah yang kemudian menjadi diskusi seru. Padahal caranya mudah. Begini saja: panggang nastar sampai 100% matang. Kemudian dinginkan. Baru kemudian dipoles rapi, serapi yang diinginkan. Tidak cukup satu kali, tapi boleh sampai tiga kali poles. Caranya:

  1. Poles nastar sampai selesai satu loyang.
  2. Ulangi poles sekali lagi, sampai selesai satu loyang.
  3. Ulangi satu kali lagi, poles sampai selesai satu loyang.
  4. Panggang dalam oven selama 5 menit saja. Cukup untuk mengeringkan saja, sehingga tidak terjadi proses retak.

Jadi bukan poles satu kali, panggang, poles lagi panggang, poles lagi panggang lagi.

Bahan polesan apa yang paling bagus? Adalah campuran kuning telur, minyak goreng dan Susu Kental Manis Indomilk. Dengan takaran 2 butir kuning telur, 1 sendok makan minyak goreng dan 1 sendok makan juga Susu Kental Manis Indomilk. Aduk rata. Resep ini paling cocok untuk mendapatkan hasil polesan nastar yang sempurna.(fb)

About the author  ⁄ NCC Indonesia

Comments are closed.