Kegiatan Sosial Ramadhan NCC Lampung

Sedekah Seru 1000 Takjil

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Indonesian Chef Association (ICA) BPD Lampung dan SMK Krida Wisata pada hari Sabtu 3 Juni 2017. NCC dihubungi sekitar 3 hari sebelumnya demi tercapainya jumlah 1000 takjil. Alhamdulillah teman-teman begitu antusias, Satu persatu hasil dapurnya berdatangan di base camp, beberapa juga ada yang diantar langsung ke Tugu Adipura, tempat berlangsungnya acara. Kabarnya tercapai jumlah 2300 takjil pada akhirnya, berkat kerjasama beberapa komunitas memasak, beberapa warung makan dan café, serta kerja keras adik-adik siswa SMK yang luar biasa semangatnya.

Berbagi Nasi Bungkus

Ide awalnya mengajak member NCC Lampung untuk menyisihkan sebagian rejekinya selama Ramadhan. Bukan rahasia lagi para bakul selalu panen order hari raya di bulan ini. Hasil sumbangan teman-teman ini akan dijadikan paket nasi bungkus yang akan dibagikan menjelang sahur.

Pada prakteknya, namanya juga ibu-ibu, agak susah keluar tengah malam. Mulai dari ijin suami sampai angin malam yang rentan membuat kami masuk angin. Jadi waktu pelaksanaan digeser ke sore, jelang waktu berbuka puasa. Sedikit berbeda dari acara sebelumnya yang menetap di satu titik dan sasaran pembagiannya adalah para pengendara di jalan raya, kali ini kami menyasar kaum dhuafa yang ngemper di trotoar dan pelataran toko-toko yang mulai tutup. Untuk itu kami perlu berkeliling. Alhamdulillah kali ini kami didukung bapak-bapak dari komunitas VW Safari yang mobilnya keren-keren itu, atap kanvasnya sengaja dibuka untuk memudahkan pembagian paketan nasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu 17 juni 2017.

Kalo niat awalnya mengumpulkan uang untuk dibelanjakan bahan makanan, ternyata tiba-tiba yang datang pertama kali adalah 2 karung beras. Kemudian ketika ditawarkan siapa-siapa yang bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk memasak lauk, ternyata antusiasme tetap meluap-luap. Hebatnya lagi ibu-ibu ini bersedia belanja bahannya masing-masing, sumbangan berupa uang jadi tidak terpakai. Di hari H masih juga berdatangan kerupuk, sambal, kurma, roti, dan makanan kecil lainnya. Sungguh luar biasa, akhirnya kami berhasil menyiapkan lebih dari 250 paket nasi dan hampir 100 paket takjil, alhamdulillah.

Bakti Sosial ke Panti Dharma Sari

“Ini namanya Kliwon, waktu itu kami temukan waktu Hari Kliwon. Dan ini Aban, yang kami temukan di Bulan Sya’ban”, begitu ujar salah satu pengurus Panti Dharma Sari ketika memperkenalkan 2 anak asuhnya pada kami. Sesaat kemudian anak yang bernama Kliwon menyalami dan mencium tangan kami satu persatu sambil tersenyum lebar. “Dia gak bisa bicara, hiperaktif”, sambung bapak pengurus.

Setelah agenda nasi bungkus selesai, dan masih ada sejumlah uang amanat dari teman-teman, kami memutuskan untuk membuat agenda tambahan. Uang yang terkumpul kami belanjakan sembako untuk kemudian kami antar bersama sisa sumbangan beras, kue kering, dan pakaian bekas layak pakai ke Panti Asuhan SLB Dharma Sari pada hari Selasa 20 Juni 2017.

Panti ini terletak di daerah Tanjung Senang, Bandar Lampung. Dihuni 37 anak yang hampir semua tidak diketahui asal-usulnya. 20 di antaranya adalah anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka yang tidak bisa disekolahkan di sekolah umum diberikan pendidikan dasar kemandirian di panti ini. Tentu saja disesuaikan dengan kondisi masing-masing anak.

Yang bisa kami berikan mungkin tak seberapa, tapi semoga tetap berarti dan memberi manfaat. Sebagaimana kami pun belajar bersyukur dari saudara-saudara kita yang hebat ini. Semoga menjadi inspirasi.

 

Iin Sidharta

Bandar Lampung, 21 Juni 2017

 

About the author  ⁄ NCC Indonesia

No Comments

Leave a Comment