Reportase Kursus: Ayam kodok = Ayam cabut Tulang

Sama sekali tidak ada hubungannya ayam cabut tulang ini dengan kodok. Mungkin karena setelah dicabut tulang dan dagingnya, ayam menjadi seperti Kodok yang sedang berenang nama itu menjadi melekat.

Hidangan sangat istimewa ini sungguh membutuhkan ketelatenan saat melepas kulit ayam dari badannya. Kursus menjadi focus pada teknik melepas badan ayam dari kulitnya.

Kursus yang dilakukan praktek masing-masing ini sungguh sangat memotivasi setiap peserta untuk mengerjakan tugas sebaik-baiknya. Salah satu peserta terpaksa merelakan kuku jarinya yang terawat cantik untuk dipotong. Karena saat melepaskan kulit, jari kita akan menelusup diantara kulit dan badan ayam. Kuku akan sangat mengganggu dan menyebabkan kulit ayam mudah robek.

Setelah berhasil melepaskan badan ayam dari kulitnya, akan didapat “baju” ayam yang siap diisi dengan adonan yang sudah disiapkan. Adonan yang dibuat dari campuran daging ayam dan daging sapi halus, kemudian dibumbui, perlahan dimasukkan kembali kedalam “baju” ayam. Sampai kedetil badan seperti paha dan sayap ayam. Sehingga “baju” ayam kembali gemuk dan montok seperti ayam sedang tengkurap lagi.

Sisa adonan isi ayam kemudian dijadikan Rollade. Sangat simpel membuatnya. Rollade bisa diisi bagian tengahnya dengan wortel, buncis, telur ataupun makaroni.

Kelas kemudian berlanjut dengan praktek menyiapkan tampah kemasan sajian ayam Kodok. Menggunakan daun-daun pisang yang dibentuk lancip. Disusun disekeliling tampah. Hingga wadah saji ini tampil cantik dan mewah.

Setelah ayam matang, mulailah setiap peserta merias tampilan ditampah. Ada ayam ditengah, rollade disekelilingnya, mashed potato dan aneka setup sayuran beserta sausnya.

“Waaa, mau cicip potongan rollade bolehkah?” begitu kata ibu-ibu yang mengikuti kursus. Tentu saja boleh, ini potongan bagian pinggir kita makan yuk! “hmm, enaaak sekali”, semua berseru menyatakan lezatnya rasa rollade. Bisa dibayangkan rasa Ayam Kodoknya pasti juga lebih enak. Satu bahan yang memastikan kelezatan sajian Ayam Kodok buatan kita adalah Knorr Chicken Powder, bumbu wajib pada setiap sajian masakan.

Siapa bilang membuat ayam Kodok sulit? Buktinya semua peserta kursus sukses membuatnya hanya dalam waktu kurang dari 4 jam.(fb)

 

Kursus NCC didukung penuh oleh Blue Band Master www.ufs.com

About the author  ⁄ NCC Indonesia

One Comment

  • Reply
    June 18, 2017

    Testimoninya bikin semangat. Mau buru2 menimba ilmu di NCC… alasan utama lokasi deket rumah. Sy di pramukasari .alasan kedua ingin m3nghidangkanyg special utk kluarga sekaligus bisnis. Anak sy sanagat suka ayam kodok. Suami sy suka batagor bakso somay… mohon info kelas Juni atau next nya ya. Jazakumullah khoir NCC.

Leave a Comment